Waspada ! Diabetes Juga Dapat Berisiko Membutakan Mata

Waspada ! Diabetes Juga Dapat Berisiko Membutakan Mata - Diabetes atau yang biasa disebut dengan diabetes mellitus merupakan kondisi dimana kadar gula (glukosa) di dalam darah meningkat (tinggi) karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Enzim insulin ini berperan dalam merubah glukosa menjadi tenaga atau energi. Diabetes mellitus ini sering disebut juga dengan kencing manis.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit diabetes mellitus mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, lihat artikel ini : Tujuh penyakit ini mengancam anda yang obesitas.

Penyakit yang satu ini bila sudah parah dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu penyakit yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah kebutaan karena penyakit diabetes. Mengapa diabetes bisa menyebabkan kebutaan, ini penjelasannya :

Kebutaan yang disebabkan oleh diabetes sering disebut dengan (renopati diabetik),  berdasarkan statistik global diperkirakan sebanyak 34,6 persen pasien dari total pasien yang menderita diabetes mengalami komplikasi seperti ini.

Seperti yang telah dikutip di detik.com pada Kamis, 8 Oktober 2015, ada seorang dr Gitalisa Andayani yang merupakan salah satu dokter di RSCM mengatakan bahwa seorang yang menderita diabetes, dapat menghindari renopati diabetik ini. Hal ini dikarenakan gejalanya tak muncul secara tiba-tiba.

dr. Gitalisa menjelaskan bahwa tingginya kandungan glukosa dalam darah (diabetes) dapat mempengaruhi mata, hal ini dikarenakan penyakit ini dapat mengganggu pembuluh darah yang terdapat di mata. Yang perlu kita tahu adalah ternyata di dalam mata khusunya didalam retina terdapat banyak sekali pembuluh-pembuluh darah yang halus.

Kemudia dr. Gitalisa melanjutkan bahwa ketika gula darah tidak terkontrol, serta penderita diabetes mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi), dapat menyebabkan pembuluh darah didalam retina tersebut membesar dan membuatnya rusak sehingga darah akan keluar dari area mata. Bila sudah terjadi seperti ini mata tidak akan bisa melihat dengan jelas, hal ini disebabkan karena cahaya yang akan masuk ke mata terhalangi oleh tumpahan darah dan retina yang ada didalam mata tidak berfungsi sebagaimana menstinya. Karena apa? Karena retina tidak mendapatkan suply darah yang bagus.

Diabetes Juga Dapat Berisiko Membutakan Mata
Diabetes Juga Dapat Berisiko Membutakan Mata


Ia juga menjelaskan ketika pembuluh darah yang ada di retina bocor / tersumbat, maka retina tidak dapat menerima darah dalam jumlah yang cukup. Otomatis retina juga tidak menerima oksigen dalam jumlah yang cukup. Sehingga membuat mata tidak dapat melihat dengan jelas, bahkan tidak dapat melihat apapun alias buta.

Penyakit yang satu ini kabarnya tidak dapat diobati, dan usaha yang bisa dilakukakan hanyalah untuk memperbaiki gejalanya saja. Namun apabila diabetes tak terkontrol maka komplikasi yang sama seperti ini akan terulang lagi.
Load disqus comments

0 comments