Suara Anda Hilang, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Suara Anda Hilang, Bisa Jadi Ini Penyebabnya – Suara merupakan salah satu faktor terpenting dalam berkomunikasi secara langsung, coba bayangkan saja anda diajak berbicara ketika anda sedang kehilangan suara? Pasti anda akan kesulitan dalam menjawabnya, mending kalau belum parah atau masih bisa terdengan sedikit. Tetapi kalau benar-benar hilang suarana, berabe kan. Apalagi kalau profesi anda membutuhkan suara seperti penyanyi, guru, pedagang dan lain sebagainya. Tanpa berkata-kata tentu sangat susah menjelaskan kepada murid, dan kalau anda sebagai penyanyi pasti para pengunjung banyak yang protes karena suara anda tidak mengenakkan.

Suara yang hilang ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan pada kesempatan kali ini akan saya share mengenai penyebab suara hilang. Sekadar tips saja apabila anda kehilangan suara sebaiknya langsung saja ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama, agar tidak semakin parah dan berakibat fatal terhadap suara anda. 

Jangan takut biaya yang mahal, yang penting anda bisa sehat. Bila ditunda-tunda dan semakin parah bisa jadi biayanya makin mahal. Jadi secepatnya mendapatkan pertolongan pertama. Lalu apa saja sih penyebab utama suara itu hilang? Setidaknya ada 4 penyebab utamanya yaitu laringitis, regangan, serak dan infeksi jamur. Adakah penyebab lainnya? Ya ada, tapi tidak akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Suara Anda Hilang, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Suara Anda Hilang, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

 

1. Laringitis - Penyebab suara hilang

Penyebab pertama dari suara hilang adalah laringitis. Ini merupakan salah satu penyebab utama dan paling sering dialami oleh penderita yang mengalami kehilangan suara atau serak-serak. Laringitis merupakan terjadinya peradangan pada kotak suara yang kita miliki, peradangan ini akan menyebabkan pembengkakan. Sehingga pita suara kita menjadi sulit untuk membuka dan menutup, karena itulah suara kita menjadi hilang dan serak-serak. Laringitis ini itu sendiri bisa disebabkan oleh flu, pilek, atau infeksi virus lainnya.

2. Regangan - Penyebab suara hilang

Penyebab yang kedua suara hilang adalah ragangan. Ragangan ini juga merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi dan menjadikan suara hilang. Ragangan ini dapat sembuh apabila adan istirahat dengan cukup, dan banyak minum air putih. Istirahat yang cukup maksudnya adalah istirahat pada suara anda, yaitu tidak teriak-teriak, tidak menyanyi dan tidak berbicara berlebihan. Bila tetap anda paksakan bisa menyebabkan sakit yang lebih parah lagi yaitu polip atau nodul yang mungkin untuk penyembuhannya perlu dilakukan operasi. 

3. Serak - penyebab suara hilang

Suara serak mungkin anda anggap sepele, mulai sekarang jangan anggap sepele lagi suara anda yang serak-serak. Apalagi kalau suara anda sudah serak dalam waktu yang lama, dan kembali kambuh lagi setelah sembuh, bisa jadi ada masalah lain yang mungkin belum anda ketahui. Misal saja adalah refluks asam, ini juga dapat menyebabkan suara anda menjadi serak-serak bahkah bila parah bisa sampai hilang. Refluks asam ini terjadi ketika asam lambung datang ke sofagus, yang membuat iritasi pada pita suara. Karena pita suara teriritasi inilah menyebabkan suara anda serak-serak. Refluks asam ini ada beberapa macam, tetapi yang paling berhubungan dengan suara serak adalah penyakit refluks lisarygopharyngeal. Salah satu gejalanya adalah mual, ingin muntah dan malas untuk melakukan sesuatu. Bila anda ragu apakah anda mengidap penyakit yang satu ini, langsung tanyakan saja ke dokter langganan anda dan sampaikan kepadanya keluhan anda saat ini. Biasanya dokter yang menvonis seseorang mengidap refluks lisarygopharyngeal (susah benar, nyebutinnya, he he) dengan antasida dan obat lain seperti steroid yang dipercaya dapat menyembuhkan suara anda yang serak-serak.
.

4. Infeksi Jamur - Penyebab suara hilang

Kemungkinan penyebab yang lain suara anda hilang adalah infeksi jamur. Infeksi jamur yang menyebabkan suara hilang tentunya tidak terjadi di kaki, punggung, atau ketiak. Tetapi di daerah tenggorokan. Infeksi jamur pada tenggorokan ini biasa disebut dengan oral thrush. Penyakit yang dapat menyebabkan suara hilang ini, biasanya menyerang mereka yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat seperti orang yang terkena virus HIV, kanker atau orang yang asma yang menggunakan obat inhaler kortikosteroid. Obar jenis ini yang digunakan oleh orang asma ternyata dapat menurunkan sistem imun didalam tubuh kita. Untuk menyembuhkannya bisa menggunakan obat anti jamur. 

Baca : Cara meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih jelasnya silahkan tanya saja pada dokter spesialis anda. Terimakasih.
Load disqus comments

0 comments