Ini Segudang Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan Manusia

Ini Segudang Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan - Teh merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Lidah masyarakat Indonesia mungkin cocok dengan minuman yang satu ini, terbukti dengan seringnya mereka minum teh. Bahkan bagi mereka yang sangat suka dengan teh bisa sehari sampai dengan 4 kali, pagi, siang, sore dan malam.

Minuman yang berasal dari daun teh ini juga sering digunakan sebagai sajian dalam suatu acara seperti pernikahan, pengajian, arisan dan lain-lain. Teh juga sering diminum ketika bersantai, atau berkumpul dengan keluarga. Teh tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri teh ternyata juga terkenal dan sangat digemari oleh semua orang. Dengan seringnya minum teh tersebut, tahukah anda bahwa minum teh ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kalau belum tahu maka akan saya beri tahu sedikit.

Berikut beberapa manfaat minum teh bagi kesehatan manusia

Teh dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam, yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau dan juga teh putih. Berdasarkan hasil penelitian, teh mempunyai antioksidan yang cukup tinggi, antioksiden tersebut bernama katekin.

Kandungan katekin ini paling banyak terkandung dalam daun teh yang segar, yang mana kadarnya bisa sampai dengan 30 persen dari berat daun teh kering. Hampir semua jenis teh terkandung katekin, hanya saja jumlahnya saja yang berbeda. Dari ketiga jenis teh, teh hitam, teh hijau dan teh putih. Teh hitam merupakan teh yang kandungan katekinnya paling sedikit. Hal ini disebakan karena kandungan katekin dalam daun teh tersebut hilang pada proses oksidasi.

Manfaat Minum Teh
Manfaat Minum Teh


Dengan minum teh sebanyak 3 gelas sehari secara rutin dapat menurunkan tingkat depresi seseorang sampai dengan 37 %. Tentu hasil tersebut bukan asal-asalan saja, tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengandalkan 23.000 responden di Amerika Serikat.

Selain itu juga terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Hongkong, menyatakan bahwa zat kimia yang terkandung didalam teh maka dapat mencegah dan juga mengobati penyakit esteoporosis. Pada teh hijau terdapat komponen utama yang disebut dengan Epigallocatechin (EGC), komponen ini ternyata dipecaya dapat meningkatkan ektifitas enzim pada tulang yang akan membuat pertumbuhan tulang meningkat hingga 79 %. Selain itu juga komponen utama (EGC) ini dipercaya juga dapat memperkuat tulang dengan cara mineralisasikan tulang.

Pada 22 penelitian lainnya juga menyimpulkan bahwa minum teh dapat bermanfaat bagi kesehatan. Apabila dalam satu hari kita minum teh sebanya 3 gelas, maka dipercaya dapat mencegah kita terserang penyakit seperti jantung koroner, pendarahan intraserebral, kanker, dan kematian yang mendadak.

Walaupun teh memiliki segudang manfaat, tetapi ada yang harus diperhatikan. Yang pertama, jangan minum teh setelah makan. Menurut penelitian minum teh sesudah makan dapat mengaggu proses penyerapak zat besi pada makanan yang telah kita konsumsi. Waktu yang baik untuk meminum tah adalah 2 jam sebelum makan dan 2 jam setelah makan. Dengan selang waktu tersebut, maka anda akan aman minum teh, dan mendapatkan segudang manfaat dari minum teh.

Sarang yang kedua adalah, hindari minum teh yang terlalu kental/hitam, karena teh yang terlalu kental atau hitam ini mempunyai sifat diuretik yang lumayan tinggi. Ini akan membuat anda sering-sering ke kamar kecil untuk buang air kecil, sehingga anda akan sering kehausan bahkan bisa menyebabkan dehidrasi yang cukup berbahaya bagi anda.

So, untuk mendapatkan segudang manfaat dari minum teh. Minumlah teh dengan bijak, jangan berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (www.kitapunya.net)

Load disqus comments

0 comments