Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya - Salah satu yang membuat kita tidak nyaman adalah nafas bau, atau bau mulut. Selain membuat kita tidak percaya diri, juga membuat kita merasa malu. Biasanya orang yang memiliki nafas yang bau, akan sedikit berbicara, pastinya karena takut ketahuan dan di bully karena mulutnya bau. Istilah medis dari bau mulut adalah "halitosis". Sebagian masyarakat indonesia tidak menyadari bahwa mulutnya bau, dan biasanya yang menyadari adalah temannya, atau kerabatnya.

Joko : Hai wan, mau kemana?
Wawan : Mau ke pasar.
Joko : Beli apa?
Wawan : Beli masker dan parfum.
Joko : Buat apa?
Wawan : Buat dipakai lah.
Joko : Lo, kok pakai masker, emangnya kenapa?
Wawan : Mulut kamu bau, aku ngak tahan. Bau busuk seperti kentut. Jadinya aku mau beli masker, aku mau pakai masker setiap ketemu kamu. Dan kukasih kau parfum satu botol untuk kau minum, biar wangi.
Joko : ??????

Kebanyakan masyarakat indonesia juga pernah mengalami bau mulut ini, terbutkti dengan banyaknya pasien yang pergi kedokter dengan alasan mulut mereka bau. Mereka ingin mencari solusi bagaimana caranya agar mulut tidak bau. Sebelum mengetahui solusinya, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab mulut bau, sehingga kita nantinya dapat mencegah mulut kita bau lagi.

Mulut yang bau bukanlah sesuatu penyakit, akan tetapi suatu sebab atau gejala dari sesuatu (bisa penyakit atau hal lain). Maka dari itu, anda harus waspada apabila mulut anda mengeluarkan bau yang tidak sedap, bisa jadi itu merupakan akibat dari suatu penyakit.

Ada sebab-sebab umum bau mulut, apa sajakah sebab-sebab tersebut. Perhatikan ulasan berikut ini :

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

1. Bangun tidur - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Penyebab bau mulut yang paling umum terjadi adalah bangun tidur, ini merupakan penyebab normal seseorang bau mulut. Hampir semua orang yang bangun tidur, mengalami bau mulut. Bau mulut ini akan semakin parah, apabila seseorang tersebut pada malam harinya tidak gosok gigi atau makan sesuatu yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Seperti makan petai, jengkol dll. Cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut setelah bangun tidur, adalah dengan gosok gigi.

2. Makanan - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Penyebab bau mulut yang kedua adalah berasal dari makanan. Makanan yang dimaksud adalah makanan yang memiliki bau yang tajam, dan dapat memberikan bau tak sedap. Contoh makanan yang sering di bulli karena menyebabkan bau mulut adalah jengkol, petai dll. Jadi, agar mulut anda tidak bau, sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Atau boleh makan makanan tersebut asalkan pengolahannya benar, dan setelah itu anda gosok gigi biar bau mulutnya tidak parah.

Joko : Nii, rasain mulut gue, bau jengkol !!! Haaaah
Wawan : ..... (terkapar, tak berdaya)
Joko : Rasain looo

3. Kurang menjaga kebersihan mulut - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Kebersihat mulut sangan mempengaruhi bau nafas seseorang, bila sering dibersihkan dan mulut bersih pasti terhindar dari bau mulut. Berbeda ketika jarang dibersihkan, jarang gosok gigi maka mulut pasti akan bau. Hal ini disebabkan karena, makanan yang tersisa di mulut akan membusuk, sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Jadi, rajin-rajinlah menjaga kebersihan mulut, salah satunya adalah gosok gigi. Gosok gigi sebelum tidur, dan setelah bangun tidur. Bila ingin lebih baik lagi, ditambah setiap mandi atau sehabis makan. Di jamin bau mulut lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya. 

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya
Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

4. Wanita sedang haid dan lanjut usia dan cara mengatasinya

Dari hasil berbagai penelitian disebutkan bahwa wanita yang sedang haid, lebih mudah mengalami bau mulut. Selain itu juga seseorang yang lanjut usia juga lebih mudah mulutnya bau. Jadi kalau anda para wanita sedang haid, perawatan mulud harus lebih ekstra lagi ya. Berlaku juga bagi anda yang sudah lanjut usia.

5. Gigi berlubang - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Gigi berlubang juga dapat menyebabkan bau mulut, gigi berlubang biasanya akan ditempati oleh makanan, dan apabila kurang menjaga kebersihan seperti gosok gigi, maka makanan yang tertinggal dalam gigi yang berlubang tersebut akan membusuk. Sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Solusi paling mujarap adalah dengan menambal gigi yang berlubang tersebut, pasti jika disertai dengan menjaga kebersihan mulut, bau mulut akan hilang dengan sendirinya.

6. Banyak karang gigi - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Karang gigi terbentuk juga karena jarang dibersihkan (gosok gigi), sehingga menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan karang gigi. Makanan juga sering menempel di gigi yang banyak karangnya, karena adanya karang ini maka ketika gosok gigi, sisa-sisa makanan tersebut kadang tidak ikut keluar dan masih menempel. Sehingga kalau membusuk akan menyebabkan bau mulut tidak sebab. Cara mengatasinya, silahkan pergi ke dokter gigi dan bilang mau membersihkan gigi dari karang gigi. Jangan lupa kalau sudah dibersihkan, harus rutin gosok gigi.

7. Giri tiruan - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Sudah saya bilang berkali-kali bahwa bau mulut sebab utamanya adalah kurang menjaga kebersihan mulut. Gigi tiruan atau gigi palsu sangat rentan sekali kotor, untuk itu wajib dibersihkan 2 kali sehari. Biasanya gigi palsu ini dapat dilepas sehingga memudahkan untuk dibersihkan.


8. Penyakit lain - penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Seorang dokter gigi akan mencari letak atau sumber bau mulut, kalau penyebabnya tidak ditemukan di gigi atau mulut maka perlu diwaspadai penyebabnya adalah penyakit yang berasal dari dalam tubuh. Penyakit dari dalam yang dapat menyebabkan bau mulut antara lain leukimia, kencing manis, lambung bernanah, tumor ganas di hidung, abses paru-paru, TBC, dan penyakit lainnya di saluran pernafasan. Biasanya bila anda sudah berkonsultasi di dokter gigi, akan dirujuk ke rumah sakit spesialis yang menangani penyakit dalam ini.

 
Kesimpulan penyebab bau mulut dan cara mengatasinya :
Dari sebab-sebab diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga agar mulut tidak bau adalah dengan rutin menjaga kebersihan mulut, mulai dari rutin gosok gigi hingga menghindari makanan yang berbau tajam. Selain gosok gigi anda juga dapat mencegah bau mulut dengan mengkonsumsi makanan yang wangi, seperti sayuran kemangi, dll.
Load disqus comments

0 comments