Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Serikat (Federasi)

Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Serikat (Federasi) - Setelah beberapa hari yang lalu kitapunya.net sudah tuntas membahas bab Pancasila sebagai ideologi terbuka, kita akan lanjut ke bab yang ketiga yaitu berbagai sistem pemerintahan. Untuk memulainya akan saya bahas mengenai pengertian negara kesatuan dan negara serikat. Definisi dari bentuk negara yaitu suatu ikatan yang dilakukan oleh suatu negara dengan daerah wilayahnya yang merupakan satu negara. Ada dua bentuk negara yang akan dibahas di materi kali ini yaitu bentuk negara kesatuan dan negara serikat. Lalu apa definisi dari kedua bentuk negera tersebut. Baca artikel berikut ini sampai akhir,

Pengertian negara kesatuan

Definisi dari negara kesatuan adalah negara yang bersusun tunggal, artinya dalam negara tersebut hanya terdapat satu negara, sehingga tidak ada negara didalam negara. Di dalam negara kesatuan itu hanya ada satu pemerintahan, yaitu pemerintahan pusat yag memiliki kekuatan dan wewenang tertinggi dalam urusan pemerintahan. Karena pemerintah pusat memiliki wewenang dan kekuatan tertinggi, maka pemerintah dapat memutuskan segala sesuatu di negara tersebut. Pengertian dari negara kesatuan juga dapat diartikan dengan melihat ciri-cirinya, apa ciri-ciri negara kesatuan?
Berikut adalah ciri-ciri negara kesatuan : 
Pengertian dari negara kesatuan adalah, negara yang bersusun tunggal dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1.  Ciri-ciri negara kesatuan yang pertama adalah hanya memiliki 1 kepala negara
  2. Ciri-ciri negara kesatuan yang kedua adalah terdapat satu konstitusi (UUD)
  3. Negara kesatuan mempunyai ciri yang ketiga yaitu mempunyai 1 dewan menteri (kabinet)
  4. Lanjut ke ciri negara kesatuan yang ke-empat yaitu memiliki satu lembaga perwakilan
Negara kesatuan ini dapat dibagi menjadi dua macam. Jenis negara yang pertama adalah negara kesatuan dengan sistem sentralisasi, dan yang kedua adalah negara kesatuan dengan sistem desentralisasi. Sekalian biar tambah lengkap berikut penjelasan singkat tentang kedua jenis negara kesatuan.

a. Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi
Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi adalah salah satu negara kesatuan yang mana pemerintah pusat dalam negera tersebut memegang seluruh pemerintahan (semua bidang), sedangkan daerahnya hanya melaksanakan program yang telah dibuat oleh pemerintah pusat.

b. Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi
Sedangkan definisi dari negara kesatuan dengan sistem desentralisasi adalah negara kesatuan yang mana pemerintah pusat tidak memegang seluruh kekuasan pemerintahan, sebagian kekuasaanya diberikan kepada daerah-daerah yang ada pada negera tersebut. Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi memiliki ciri-ciri yang melekat, yaitu dekonsentasi, desentralisasi dan tugas pembantuan.

Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Serikat (Federasi)
Pengertian Negara Kesatuan dan Negara Serikat (Federasi)

Pengertian negara serikat atau federasi

Setelah mengetahui definisi dari negara kesatuan. Mari kita lanjutkan dengan membahas definisi dari negera serikat/federasi. Negara serikat adalah negara yang bersusun jamak, dimana di dalam suatu negara masih terdapat negara lagi yang bisa disebut dengan negara bagian. Negara-negara bagian tersebut semuanya berdiri sendiri tetapi kemudian membentuk suatu ikatan antar negara dan menggabungkan diri dalam satu federasi dan membentuk pemerintahan federal. Ikatan yang dibentuk sifatnya adalah tetap (fixed), dimana negara-negara bagian yang sudah bergabung, tidak dapat keluar masuk dari negara serikat tersebut.

Dalam negara serikat ada dua macam pemerintaan, yaitu pemerintahan federal dan pemerintahan negara bagian. Dengan demikian, dalam negara serikat ada urusan yang harus dikelola oleh negera federal dan ada pula urusan yang tetap dikelola oleh negara bagian.

Demikian saja artikel yang berjudul Pengertian negara kesatuan dan negara serikat, saya akan melanjutkan artikel ini dengan topik contoh-contoh negara kesatuan dan negara serikat. Dan juga pengertian dekonsentrasi, desentralisasi dan tugas pembantuan.
Load disqus comments

0 comments