Pengertian Dekonsentrasi, Desentralisasi dan Tugas Pembantuan

Pengertian Dekonsentrasi, Desentralisasi dan Tugas Pembantuan - Pada kesempatan yang lalu kitapunya.net sudah membahas mengenai Pengertian negara kesatuan dan negara serikat. Kemarin juga sudah dijelaskan mengenai macam-macam negera kesatuan. Negara kesatuan dapat dibedakan menjadi dua, yang pertama adalah dengan sistem sentralisasi dan yang kedua adalah dengan sistem desentralisasi.

Pada negara kesatuan dengan sistem sentralisasi yang memegang seluruh pemerintahan adalah pemerintah pusat. Sedangkan pada negara kesatuan dengan sistem desentralisasi pemerintahan tidak hanya dipegang oleh pemerintah pusat saja, sebagian kekuasaannya diberikan kepada pemerintah daerah. Sistem desentralisasi ini mempunyai beberapa ciri yang melekat yaitu dekonsentrasi, desentralisasi, dan tugas pembantuan. Sudah tahu apa itu dekonsentrasi, desentralisasi dan tugas pembantuan? Apabila belum berikut adalah penjelasan dari kitapunya.net.

Pengertian dekonsentasi
Definisi dari dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang yang diberikan oleh pemerintah pusat atau keala wilayah kepada instansi vertikal tingkat atasnya kepada pejabat-pejabatnya di daerah.

Pengertian desentralisasi
Definisi dari desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah pusat sebagai tingkat atasnya, kepada daerah untuk mengelola rumah tangga daerahnya sendiri. Disebut juga dengan otonomi daerah.

Pengertian tugas pembantuan (medebewidn)
Definisi dari tugas pembantuan adalah tugas berperan serta dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang ditugaskan kepada pemerintah daerah oleh pemerintah pusat atau daerah tingkat atasnya dengan kewajiban mempertanggungjawabkannya. Pemerintah pusat tetap mengendalikan kekuasaan pengawasan terhadap daerah.

Pengertian Dekonsentrasi, Desentralisasi dan Tugas Pembantuan
Pengertian Dekonsentrasi, Desentralisasi dan Tugas Pembantuan


Me : Gimana sudah jelas belum pengertian ketiga hal diatas?
You : Ya belum lah, cuman singkat begitu.
Me : He he, singkat padat dan jelas.
You : Kalau itu cuman singkat aja kali, padat dan jelasnya ngak ada.
Me : Oo gitu to.
You : Ya iya lah,. lain kali kalau mau share artikel itu yang panjang
Me : Siap. Kalau ada yang mau nambahin artikel diatas, bisa melalui komentar dibawah ini.
You : Ha ... Nambahin ? Berani bayar berapa lo?
Me : Rp 1
You : Bisa lebih murah lagi ngak?
Me : Bisa, Rp 0.
You : Oke saya setuju.

Demikian saja artikel yang berjudul pengertian dekonsentrasi, desentralisasi dan tugas pembantuan. Semoga saja bermanfaat artikel diatas, dan terimakasih. Baca artikel sebelumnya tentang Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka.
Load disqus comments

0 comments