Pengertian dan Sejarah Komputer

Pengertian dan Sejarah Komputer - Komputer merupakan barang elektronik yang sekarang ini sudah banyak yang memilikinya, berbeda dengan jaman dulu. Yang mungkin hanya ada beberapa orang saja yang memiliki komputer dalam satu kabupaten. Karena perkembangan teknologi semakin pesat inilah, yang membuat sekarang ini komputer sudah tidak lagi menjadi barang yang langka. Dan pada kesempatan kali ini kitapunya.net akan share menganai pengertian atau definisi komputer dan juga sejarah komputer. Apakah yang dimaksud dengan komputer? Dan bagaimana sejarahnya? Berikut ini penjelasannya :

Pengertian komputer

Komputer secaar etimologi berasal dari kata "Computare", dalam bahasa Inggir kata komputer berasal dari kata "to compute" yang mempunyai arti menghitung. Namun demikian komputer yang sering kita lihat dan kita gunakan, tidak hanya digunakan untuk menghitung saja, tetapi mempunyai fungsi yang sangat beragam dengan fitur-fiturnya yang lengkap. Komputer sekarang bisa digunakan untuk mengetik, mengetik/menulis naskah, bermain game, internetan dan lain sebagainya. 

Kemudian pengertian komputer secara luas adalah suatu alat bantu kerja manusia yang dapat menerima data (input data), mengolah data (manipulasi data) dan memberikan hasil proses dari pengolahan yang disebut dengan (ouput data) untuk berbagai bidang masalah tidak hanya untuk data angka.

Komputer pada awalnya hanyalah sebuah alat bantu manusia yang sangat sederhana, yang mana sebagai komponen utama komputer menggunakan tabung hampa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan "vacuum tube", seperti digunakan pada alat-alat elektronik yang lain.

Dalam perkembangan komputer selanjutnya komputer ini tidak lagi menggunakan tabung hampa tetapi menggunakan transistor, dan pada era selanjutnya hingga kini kebanyakan komputer menggunakan komponen utama yang bernama IC (integrated circuit).

Pengertian dan Sejarah Komputer
Pengertian dan Sejarah Komputer

Sejarah komputer

Pada zaman dulu, orang-orang kuno mengenal cara menghitung menggunakan bilangan dasar 20, dimana ini diambil dari banyak jari tangan pada tangan dan kaki setiap manusia. Di negeri cina dikenal dengan istilah suan-pan. Suan pan ini adalah cara menghitung dengan memasukkan batu ke dalam mangkok. Perkembagan selanjutnya, yakni pada tahun 1642, John Napier membuat alat hitung yang hanya bisa untuk perkalian saja. 

Seorang ahli matematikan yang berasal dari negara Prancis selanjutnya berhasil menemukan alat hitung yang dapat untuk menambah dan mengurangi. Seorang ahli matematika tersebut bernama Blainse Pascal. Saat menemukan alat tersebut, ia baru berusia 19 tahun. 

Penemuan-penemuan ini kemudian disempurnakan lagi oleh Gottfried Wilhelm Von Leibnits, pada tahun 1673.

Kemudian pada tahun 1890 seorang yang bernama WS Borrughs menciptakan alat hitung dengan Addomg Printing Mechine yang digunakan untuk Book-keepinng.

Pada tahun 1911, Jay R Monroe dan Baldwin menciptakan kalkulator menggunakan keyboard dengan merk Monroe.

Baru tahun 1944, seorang maha guru matematika dari Universitas Harvard membuat Markk 1. Mesin ini merupakan suatu mesin elektromechanical Computer yang menggunakan Vacum Tube sebagai tenaga penggerakknya, dan ini merupakan komputer generasi pertama.
Load disqus comments

0 comments