Pengertian Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik Pada Ajaran Modern

Pengertian Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik Pada Ajaran Modern - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik yang digagas oleh Aristoteles dan Platon. Setelah itu baru kita menuju ke materi selanjutnya yaitu tentang bentuk pemerintahan menurut ajaran modern. Menurut ajaran modern ini, bentuk pemerintahan dapat dibagi menjadi dua macam, yang pertama adalah monarki, dan yang kedua adalah republik. Lalu apa pengertian dari kedua macam bentuk pemerintahan diatas? Berikut akan kami jelaskan secara singkat !

Pengertian Monarki - Bentuk pemerintahan menurut ajaran modern
Definisi dari monarki adalah salah satu macam bentuk pemerintahan yang dipegang oleh satu orang (raja) yang dijalankan untuk kepentingan umum. Atau dapat juga diartikan suatu bentuk pemerintahan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Kepala Neagaranya disebut dengan Raja (Monarch)
  • Pengangkatan Raja sebagai kepala negara berdasarkan hak waris atau secara turun menurun
  • Kepala negara menjabat seumur hidup
Pengertian Republik - Bentuk pemerintahan menurut ajaran modern
Definisi dari Republik adalah salah satu macam bentuk pemerintahan yang mempunyai beberapa ciri, yaitu :
  • Yang menjadi kepala negara disebut dengan Presiden
  • Pengangkatan Presiden sebagai kepala negara berdasarkan pemilu (pemilihan umum)
  • Presiden sebagai kepala negara mempunyai jabatan yang terbatas (tidak seumur hidup) dan diatur didalam Undang-undang yang berlaku dinegara tersebut.
Perbedaan antara bentuk pemerintahan Monarki dan Republik dikemukakan oleh George Jellineck, ia membedakannya berdasarkan cara pembentukan kehendak bangsa. Dan berikut ini adalah ulasannya :
  • Disebut dengan monarki apabila kehendak/kebijakan ditentukan oleh satu orang
  • Disebut dengan republik apabila kehendak bangsa atau kebijakannya ditentukan oleh banyak orang
Bentuk pemerintahan suatu negara
Bentuk pemerintahan suatu negara

Tidak hanya George Jellineck yang berpendapat tentang perbedaan dari kedua jeni bentuk pemerintahan ini. Leon Dugui juga membedakan keduanya, tetapi ia membedakannya berdasarkan pada cara pengisian jabatan kepala negara. Menurutnya :
  • Dikatakan bentuk pemerintahannya monarki apabila pengisian jabatan kepala negaranya dilakukan secara turun temurun.
  • Dikatakan bentuk pemerintahannya republik apabila pengisian jabatan kepala negaranya dilakukan dengan cara pemilihan umu (pemilu).
Contoh negara yang bentuk pemerintahannya monarki adalah Malaysia, Arab Saudi dll. Sedangkan contoh negara yang bentuk pemerintahannya republik adalah Indonesia, Amerika, Taiwan. Untuk lebih jelasnya besok akan saya share secara khusus tentang contoh negara dengan bentuk pemerintahan monarki dan republik.
 
Load disqus comments

0 comments