Menerapkan Perilaku Tepat Waktu, Komitmen Tinggi Wirausaha

Menerapkan Perilaku Tepat Waktu, Komitmen Tinggi Seorang Wirausaha - Kemarin sudah dibahas mengenai pengertian komitmen tinggi, beserta dengan faktor yang menunjukan komitmen tinggi. Sehingga akan kami lanjutkan dengan membahas mengenai menerapkan komitmen tinggi dalam perilaku sehari-hari.. Wirausaha yang mempunyai komitmen tinggi hendaknya dapat menerpakan bebeerapa perilaku, yaitu sebagai berikut :

Menerapkan perilaku tepat waktu - Komitmen Tinggi Seorang Wirausaha

Tanpa kita sadari ternyata waktu di dunia ini terus berjalan, dan umur kita juga akan semakin berkurang. Kadang-kadang tidak kita perhatikan masalah waktu ini, sehingga kita tidak menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Bagi seorang wirausaha, waktu merupakan hal yang sangat berharga, waktu harus digunakan untuk sesuatu yang produktif, bukan untuk bersantai-santi, bersenang-senang atau kebanyakan untuk tidur. Seseorang wirausaha yang tidak dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya bisa dikatakan sudah rugi, rugi waktu dan rugi uang. Orang china mengatakan bahwa waktu adalah uang. Maka dari itu disiplin atas waktu merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh wirausaha. Berikut beberapa ungkapan tentang perilaku tepat waktu :

a. Tepat waktu merupakan organisasi
Maksud dari tepat waktu merupakan organisasi adalah keseluruhan atau semua aktifitas kegiatan yang dilakukan adalah unutk mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai. Seluruh anggota organisasi dalam setiap langkah hanyalah dalam rangka mencapai tujuan bersama.

b. Tepat waktu merupakan kekuasaan
Artinya adalah waktu yang kita hadapi sekarang adalah untuk menentukan kejadian-kejadian di masa yang akan datang. Apakah sekarang kita belajar dengan baik, maka tentunya dimasa yang akan datang akan menjadi orang yang sukses. Ataukah sebaliknya, sekarang bermalas-malasan tentunya di masa yang akan datang akan mengalami kesulitan.

c. Tepat waktu merupakan nilai uang
Artinya bagi seorang wirausaha waktu harus digunakan dengan sebaik-baiknya, dalam artian harus produktif atau menghasilkan. Tidak menyianyiakan waktu, karena waktu bagi seorang wirausaha adalah hal yang sangat berharga. Jika waktu tidak digunakan dengan sebaik-baiknya, maka dapat dikatakan seorang wirausaha tersebut telah mengalami kerugian waktu, atau bisa juga dikatakan telah mengalami kerugian keuangan. Karena yang seharusnya dapat uang, tetapi tidak dapat karena waktu yang tidak digunakan dengan sebaik-baiknya.

d. Tepat waktu merupakan suatu ukuran
Artinya adalah waktu dapat digunakan untuk menentukan berapa lama waktu yang digunakan untuk bekerja, dan berapa upah yang harus dibayarkan. Semakin lama waktu yang terbuang, maka kerugian pun akan semakin besar.

Menerapkan Perilaku Tepat Waktu, Komitmen Tinggi Wirausaha
Menerapkan Perilaku Tepat Waktu, Komitmen Tinggi Wirausaha

Agar kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Yaitu sebagai berikut :
  • Membuat rinncian pekerjaan yang akan dilakukan setiap hari, dan bila sudah dikerjakan dapat ditandai. Dengan begitu kerja anda akan lebih tertata dan managemen kerja anda akan lebih baik.
  • Bila anda mempunyai rencana untuk ketemuan, sebisa mungkin memilih waktu anda yang longgar. Dan usahakan tepat waktu, bila perlu hubungi dia sebelum berangkat.
  • Bila tidak ada kerjaaan, gunakan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku, membuat kerajinan, dan lain sebagainya.
  • Buatlah skala prioritas, mana saja kegiatan yang perlu untuk dilakukan dan tidak perlu untuk diakukan.
  • Berusaha untuk disiplin sejak dini, bila beragama Islam bisa memulainya dengan sholat tepat pada waktunya.
  • Berusaha bekerja dengan sigap, cepat, dan tepat waktu. Harus latihan.
Nah, berikut ini beberapa perilaku yang mencerminkan tepat waktu :
  • Biasakan berangkan sekolah tepat waktu
  • Berusaha agar tidak terlambat masuk sekolah 
  • Jangan suka menyia-nyiakan waktu
  • Menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya
  • Berlatih untuk selalu disiplin dalam melakukan sesuatu
  • Memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
  • Tidak menunda-nunda pekerjaan
  • Belajar dan bekerja keras
  • Selalu taat pada aturan, dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam melaksanakan tugas.
Load disqus comments

0 comments