Tujuh Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tujuh Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Hipertensi ini merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. 

Biasanya orang yang mengalami hipertensi akan mengalami pusing-pusing ketika penyakitnya kambuh, selain pusing penderita juga akan mengalami sakit kepala (paling utama terjadi di bagian belakang), gangguan penglihatan, dengun pada telinga lebih parah lagi bisa menyebabkan pingsan dll. Orang yang mengalami hipertensi juga harus hati-hati menjaga tekanan darahnya, karena hipertensi merupakan faktor utama yang menyebabkan stroke, gagal jantung, serangan jantung, penyakit ginjal kronik dan lain sebagainya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah tinggi, seperti pola hidup tidak sehat, pola makan tidak teratur, jarang olahraga, obesitas, konsumsi garam berlebihan, kolestrol dan lain sebagainya.

Seorang yang sebelumnya sudah pernah menderita tekanan darah tinggi, sewaktu-waktu dapat mengalami lagi tekanan darah tinggi. Jadi harus tetap waspada, jaga pola makan dan rutin berolah raga. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat diturunkan dengan beberapa cara, apa saja cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut ini kami sebutkan cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tujuh Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


1. Mengkonsumsi sayuran hijau
Cara ampuh menurunkan tekanan darah tinggi yang pertama adalah dengan menkonsumsi sayuran hijau, sayuran hijau yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah bayam. Alasannya adalah karena bayam terkandung banyak nutrisi berupa kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain bayam, ada juga sayuran hijau berupa seledri. Sayuran lainnya adalah mentimun, mentimun ini sudah diyakini oleh masyarakat Indonesia dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Tujuh Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tujuh Makanan Ini Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


2. Minum susu bebas lemak
Cara ampuh menurunkan tekanan darah tinggi yang kedua adalah dengan minum susu yang bebas lemak, susu bebas lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena didalamnya terdapat nutrisi berupa kalsium dan vitamin D. Lebih baik lagi apabila susu bebas lemak ini dikonsumsi pada saat masih hangat. Saran saya pastikan susu yang anda minum merupakan susu yang benar-benar bebas lemak, bila mengandung lemak maka bukannya tekanan darah turun,  malah semakin tinggi.

Baca : Waspada! Diabetes Juga Dapat Berisiko Membutakan Mata 

3. Makan Tomat
Makanan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang ketiga adalah tomat. Tomat ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, magnesium, kalsium dan vitamin E. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada tomat tersebut, maka tomat dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, ini bisa bekerja apabila anda mengkonsumsi tomat secara teratur.

4. Bawang putih
Berdasarkan penelitian bawah putih ternyata dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Sehingga dengan mengkonsumsi bawah putih risiko buruk dari tekanan darah tinggi dapat dihindari, selain itu juga ternyata bawang putih dapat membantu menghilangkan penyumbatan di jantung.

5. Kurangi makanan asin dan pedas
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa garam yang terdapat pada makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, garam dapat meningkatkan tekanan darah karena didalamnya mengandung zodium, sehingga dengan mengurangi konsumsi garam atau makanan yang asin maka anda sudah satu langkah mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain garam yang harus anda hindari adalah makanan pedas, makanan pedas ini dipercaya juga dapat meningkatkan tekanan darah.

6. Banyak makan buah-buah segar
Cara ampuh menurunkan tekanan darah tinggi yang keenam adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan segara. Hampir semua buah dapat menurunkan tekanan darah anda, hal ini dikarenakan didalam buah terkandung banyak mineral dan vitamin yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain itu juga karena buah tidak meningkatkan kadar gula didalam tubuh anda. Salah satu buah yang efeknya paling baik untuk menurunkan tekanan dara tinggi adalah semangka, lemon, dan pisang.


7. Banyak minum air putih
Yang terakhir adalah banyak minum air putih, dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup maka anda dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh meningkatkan ketegangan saraf. Ketegangan saraf merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Artike sebelumnya : Harga Susu Anlene Gold, Actifit, One A day, dan Total. Demikian tujuh makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments