Ketahui 3 Cara Tubuh Melawan Suhu Dingin

3 Cara Tubuh Melawan Suhu Dingin - Sebentar lagi Indonesia akan masuk ke musim penghujan, apabila kita kehujanan pasti akan merasa kedinginan. Di musim kemarau beberapa bulan yang lalu, pada saat malam hari suhunya juga sangat dingin. Dan saya sempat flu karena kedinginan, dalam bahasa jawa kedinginan disebut juga dengan kademen, atau kurimen, wkwkw. Pada umumnya hewan dan manusia mempunyai suatu perlindungan dari suhu yang dingin, kalau hewan mungkin menggunakan bulunya untuk melindungi tubuhnya dari rasa dingin. Sedangkan manusia tidak mempunyai bulu untuk melindungi dari suhu dingin, tetapi manusia diberi oleh Allah swt akal dan pikiran, sehingga manusia dapat melindungi tubuh dari rasa dingin dengan menggunakan jaket, kaos tangan, kaos kaki dll. Selain dengan cara-cara tersebut, ternyata tubuh kita juga melawan suhu dingin tersebut secara alami, ada beberapa cara tubuh melawan suhu dingin tersebut. Dan berikut adalah 3 cara tubuh melawan suhu dingin :

1. Menurunkan pengeluaran energi - Cara tubuh melawan suhu dingin
Ketika tubuh kita kedinginan, maka kita membutuhkan energi yang lebih banyak daripada saat kondisi normal. Ini digunakan untuk menjaga tubuh kita tetap hangat dan tidak kedinginan. Berdasarkan penelitian, pada saat kedinginan konsentrasi otot didalam tubuh dikurangi untuk merubahnya menjadi suatu energi. Kemudian tubuh juga mengurangi keaktifan sistem saraf untuk mencegah keluarnya energi dalam jumlah yang banyak.

2. Menurunkan aliran darah - Cara tubuh melawan suhu dingin
Cara tubuh melawan suhu dingin yang nomor dua adalah menurunkan aliran darah. Aliran darah dapat turun karena pembuluh darah menyempit yang disebabkan oleh suhu yang dingin, karena pembuluh darah menyempit maka aliran darah akan terhambat, sehingga liran darah akan menurun. Bagian yang aliran darahnya menurun adalah pada kulit dan bagian tubuh tepi, jari, tangan dan kaki. Karena biasanya bagian tersebut adalah bagian yang tidak terlindung dari pakaian, atau rambut seperti pada kepala. Bagian tersebut juga menjadi bagian yang paling terasa dingin, ketika berada di tempat yang dingin.

3. Menggigil - Cara tubuh melawan suhu dingin
Cara tubuh melawan suhu dingin yang ketiga adalah dengan menggigil. Menggigil serting kita asumsikan sebagai akibat tubuh kita kedinginan, memang karena kita kedinginan kemudian kita akan menggigil. Sebenarnya menggigil merupakan salah satu cara tubuh untuk melawan suhu dingin, guna melindungi tubuh dari suhu yang dingin, tubuh kita akan secara otomatis melakukan gerakan antar otot dan organ, gerakan ini tujuannya adalah untuk membuat goncangan dalam tubuh, goncangan ini disebut dengan menggigil. Tetapi gejala ini juga kurang baik, karena pasti energi kita akan terbuang.

3 Cara Tubuh Melawan Suhu Dingin
3 Cara Tubuh Melawan Suhu Dingin

Bila anda menggigil sebaiknya anda manfaatkan perlindungan dari luar, untuk melindungi tubuh anda dari rasa dingin dapat menggunakan selimut, baju tebal, jaket, topi, kaos kaki dan lain sebagainya. Bisa juga dengan duduk ditempat yang dekat api, misal api unggun. Tapi hati-hati jangan sampai anda membakar anda sendiri karena kedinginan, itu berbahaya, wkwkw. Kemudian anda juga bisa mengkonsumsi makanan berkuah yang hangat, atau minum yang bisa membuat tubuh anda lebih hemat seperti jahe.

Demikian artikel tentang 3 cara tubuh melawan suhu dingin, semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments