Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan - Pisang merupakan buah yang sangat mudah kita temukan di Indonesia, kita bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket atau toko buah. Pisang ini mengandung banyak nutrisi, yang berguna bagi kesehatan manusia. Menurut sebuah penelitian, pisang bermanfaat dalam pengobatan depesri. Hal ini dikarenakan pisang mengandung tryptophan yang merupakan zat antidepresan alami. 

Trytophan ini berguna untuk mengatur kadar sorotonin di otak untuk mengatur suasana hati. Selain itu juga pisang mengandung kalium, yang berguna untuk mencegah kram otot.

Kandungan gizi/nutrisi pada pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya karbohidrat, sehingga dapat dijadikan sebagai energi, pisang ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh para atlet atau binaragawan yang umumnya membutuhkan energi lebih ketika sedang berolahraga atau latihan. Selain sebagai sumber energi, pisang juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, B-kompleks, dan juga vitamin E. Selain itu juga mengandung banyak mineral seperti kalium, besi dan juga magnesium.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat pisang untuk kesehatan?

Pisang merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak, bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat maka pisang ini memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah mencegah datangnya berbagai penyakit. Dan berikut ini manfaat pisang dalam mencegah berbagai penyakit seperti :

1. Mencegah anemia - manfaat pisang
Pisang merupakan buah yang kaya akan zat besi, sehingga sangat berguna bagi mereka yang menderita anemia. Yang perlu anda ketahui bahwa anemia merupakan suatu penyakit yang salah satunya disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga untuk mencegah datangnya penyakit anemia ini adalah dengan mengkonsumsi makanan atau buah yang kaya akan zat besi, salah satunya adalah pisang.

2. Mencegah depresi - manfaat pisang untuk kesehatan
Selain zat besi, merupakan sumber tryptophan, tryptophan yang merupakan asam amino esensial yang dirubah menjadi serotonin ini merupakan zat yang akan membuat kita merasa lebih rileks, dan nyaman. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan makan pisang secara teratur, maka dapat membantu kita mengatasi depresi.

3. Mencegah hipertensi -  manfaat pisang untuk kesehatan
Kandungan sodium rendah dan pasokan yang kaya kalium ini menjadikan pisang sangat cocok untuk mereka yang sedang diet, dan mereka yang memiliki riwayat penyakit hipertensi. Dengan kandungan sodium yang rendah, itu artinya penderita hipertensi tidak perlu khawatir tekanan darahnya naik setelah mengkonsumsi pisang ini.

4. Insomia - manfaat pisang untuk kesehatan
Insomia atau sulit tidur ternyata dapat diatasi dengan makan pisang, di dalam pisang ini terdapat zat yang akan membuat anda tidur nyenyak. Dapat dikatakan pisang sebagai obat tidur alami, he he.

5. Mengatasi kelelahan - manfaat pisang untuk kesehatan
Pisang akan membantu anda dalam menjaga kadar glukosa darah ke tingkat yang sehat, sehingga membantu anda yang kelelahan atau kecapekkan. Setelah makan pisang, langsung bugar, wkwk.

6. Mengatasi sembelit - manfaat pisang untuk kesehatan
Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan serat, bila anda sembelit atau susah bab tidak ada salahnya mencoba makan pisang. Siapa tahu, sembelit anda langsung hilang dan lancar. Wus wus wus. Pisang dapat mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang banyak akan membant memperbaiki transit di usus, sehingga bab semakin lancar.

7. Manfaat pisang untuk kesehatan yang lain
Sementara itu pisang ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala, obat stres, menambah nafsu makan serta mengurangi gugup. Selain itu juga pisang dipercaya dapat menetralkan asam lambung, menyembuhkan magh mencegah sakit perut, dan mencegah atau mengurangi pembakaran oleh keasaman.


Manfaat pisang sangat banyak bukan?  Untuk itu jangan sepelekan buah pisang ini, kalau di rumah ada pisang, langsung comot aja dan dimakan. Tapi makannya pakai tangan kanan ya, jangan pakai tangan kiri, biar ngak dikira monyet.
Load disqus comments

0 comments