Jenis-jenis Resiko Usaha

Jenis-jenis Resiko Usaha - Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian risiko usaha berdasarkan pendapat para ahli, resiko usaha merupakan sesuatu peristiwa yang tidak pasti terjadi, dan bila terjadi akan menimbulkan suatu dampak negatif seperti kerugian, kegagalan dan lain sebagainya. Setelah mengetahui definisinya selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis resiko usaha.  Apa sajakah jenis-jenis resiko usaha? Berikut ini kami sebutan dan jelaskan satu persatu :

1. Resiko kehilangan harta perusahaan - jenis resiko usaha

Jenis resiko usaha yang pertama adalah kehilangan harta perusahaan, hal ini bisa disebakan dari dalam dan dari luar perusahaan. Contoh dari dalam perusahaan, adalah kurangnya pengamanan, kebakaran akibat human eror managemen buruk dll.  Sedangkan conoth kehilangan harta yang disebabkan dari luar adalah pencurian, bencana alam.

2. Resiko jiwa karyawan - jenis resiko usaha

Jenis resiko usaha yang kedua adalah kehiangan nyawa. Setiap kegiatan dalam berwirausaha pasti memiliki resiko kecelakaan, semakin berat dan bahaya kerjanya maka resiko kehilangan nyawa pun semakin besar. Yang mana, karyawan tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan, maka dari itu biasanya para pekerja diasuransikan, sehingga kerugian karyawan terjamin apabila terjadi kecelakaan kerja atau sejenisnya. 

Selain itu juga, karyawan juga harus diseleksi, dan dibimbing sampai benar-benar bisa serta memenuhi standar kompetensi, sehingga kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan para pekerja dapat diminimalisir. Contoh kecelakaan kerja misalnya, tersengat listrik, tabrakan, terbakar, dan lain sebagainya. Intinya yang dapat menyebabkan kehilangan nyawa para karyawan, serta cacat fisik pada karyawan.

3. Resiko kerusakan alat produksi - jenis resiko usaha

Resiko usaha yang ketiga adalah terjadinya kerusakan alat produksi. Resiko yang satu ini memang sudah umum terjadi, apalagi kalau terkait masalah umur. Alat produksi pasti akan rusak jika sudah berumur tua. Untuk menghindari kerusakan alat produksi adalah dengan melakukan perawatan secara rutin/berkala, dengan begitu alat produksi akan lebih awet. 

Kerusakan pada alat produksi ini dapat menyebabkan kerugian, bisa juga membahayakan para pekerjanya. Misal saja kerusakan pada mobil pengangkut barang yang bisa menyebabkan kecelakaan. Atau kebocoran pada sistem bahan bakar mesin produksi, bisa menyebabkan kebakaran dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Resiko Usaha
Jenis-jenis Resiko Usaha

4. Resiko kerusakan produk - jenis resiko usaha

Resiko usaha yang selanjutnya adalah kerusakan produk. Hampir semua wirausaha pernah mengalami resiko yang satu ini, yaitu kerusakan pada produk atau barang yang diproduksinya. Kerusakan pada produk ini bisa disebabkan oleh rusaknya alat produksi, kesalahan pekerja, pekerja kurang teliti, kualitas bahan produksi buruk, dan lain sebagainya. Setelah terjadi kerusakan produk, tugas seorang wirausaha adalah menganalisa penyebab terjadi kerusakan produk, setelah itu mencari solusi terbaik dan mencegah hal serupa terjadi pada produk/barang yang diproduksinya.

5.Resiko pengganti kepada pihak lain - jenis resiko usaha

Resiko usaha yang kelima adalah resiko pengganti kepada pihak lain. Setiap proses produksi sudah pasti akan mengakibatkan adanya limbah, dimana limbah tersebut dapat diklasifikasikan sebagai limbah yang aman atau limbah yang berbahaya. Dan pastinya orang lain yang turut merasakan dampak limbah tersebut, terutama limbah berbahaya pasti akan minta ganti rugi. Kemudian bila terjadi ketelodoran dari pekerja, atau kualitas barang/produk yang sudah dibeli dan ternyata tidak memenuhi kualitas pasti konsumen juga akan minta ganti rugi.

Baca : Pengertian pentingnya semangat wirausaha

6. Resiko keuangan - jenis resiko usaha
Resiko usaha yang terakhir adalah resiko keuangan. Resiko keuangan suatu perusahaan tidak pernahh lepas dari kegiatan usaha yang apabila tidak cepat diatasi akan mengganggu cash flow perusahaan tersebut. Hal ini mungkin diakibatkan oleh pemasaran yang lesu, kredit macet, daya beli masyarakat turun, piutang banyak, proses yang tidak lancar dan lain sebagainya. (by : Kitapunya.net - jenis-jenis resiko usaha).
Load disqus comments

0 comments