Jangan Biarkan Ban Mobil Anda Kempes, Ini Bahayanya

Ban Mobil Anda Kempes? Ini Bahayanya - Sebagai seorang pengemudi memerika tekanan angin ban merupakan hal yang wajib dilakukan, terlebih lagi apabila mobil akan dibawa pergi jarak jauh. Bila anda tidak mempunyai alat yang digunakan untuk memeriksa tekanan ban, bisa dilakukan dengan memeriksanya secara visual. Bila terlihat ban sangat kempes, sebaiknya diperiksa dan ditambahkan angin ditempat yang support untuk tambah tekanan angin ba.

Memeriksa ban kempes atau tidak merupakan tindakan yang sepele, namun sangat perlu dilakukan. Mengingat bahaya dan kerugian yang didapat jikalau ban mobil kempes. Apa saja bahayanya, berikut ini kami sebutnya bahayanya ban mobil kempes.

Kondisi ban yang kempes tentu akan membuat kemudi menjadi lebih berat dan tidak nyaman, dengan pengemudian yang berat tentu juga akan membuat pengemudi menjadi lebih cepat lelah. Bila sudah lelah bisa membahayakan diri sendiri dan penumpang, seperti mengantuk, kurang konsentrasi dan lain sebagainya.

Selain itu juga ban kempes akan membuat stabilitas pada saat mengemudi berkurang, misal saja apabila ban kiri depan lebih kempes dari ban kanan depan maka akan membuat mobil cenderung belok ke kiri. Tentu ini akan membuat rasa tidak nyaman ketika menyetir mobil. Dapat juga dikatakan apabila ban kempes maka mobil akan lebih sulit untuk dikendalikan.

Tekanan udara ban tidak standar
Tekanan udara ban tidak standar


Selain berpengaruh pada stabilitas kendaraan dan pengemudian yang berat, ban kempes juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil anda. Ban yang kempes akan lebih membutuhkan tenaga untuk menggerakkan mobil tersebut, otomatis bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Kondisi ban yang kempes akan membuat luas permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan semakin besar, akibatnya gaya gesek meningkat sehingga membuat pengemudian berat dan bbm boros.

Sementara itu ban yang kempes akan berdampak pada ban itu sendiri, tentunya ban yang kempes akan lebih cepat aus. Sealain itu juga keausan yang tercipta akan tidak rata, umumnya bagian tepi atau pinggi akan menjadi bagian yang lebih cepat aus. 

Ban kempes juga membuatnya menjadi lebih lentur, dan membuat temperatur didalamnya meningkat. Bila tekanan udara pada ban sangat rendah dan kecepatan kendaraan sangat tinggi, ban berisiko untuk pecah yang tentunya akan membahayakan anda dan penumpang. Banyak kasus terjadi disebabkan oleh pecahnya ban, jadi anda harus sering-sering periksa kondisi ban sebelum berpergian.


Ban yang kempes dan temperatusnya pana juga akan membuat komponen karet ban dan benang didalamnya menjadi mudah rusak (leleh).
Load disqus comments

0 comments