Faktor-faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi

Faktor-faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi - Seorang wirausaha yang memiliki komitmen tinggi merupakan orang-orang yang mentaati atau memenuhi janjinya untuk memajukan usaha bisnisnya sampai sukses atau berhasil.  Seorang wirausaha yang menunjukan komitmen tinggi bukan semata-mata menjual ide saja, melainkan terkait dengan adanya faktor-faktor pendukung yang betul-betul memanfaatkan komitmen tinggi. Lalu apa sajakah faktor-faktor yang menunjukan komitmen tinggi tersebut, berikut ini kami sebutkan dan jelaskan satu persatu :

Bila belum mengetahui tentang komitmen tinggi, baca terlebih dahulu definisinya di dalam artikel : Pengertian komitmen tinggi

1. Konsisten, tegas dan fair - Faktor-faktor yang menunjukan komitmen tinggi

Seseorang yang setiap memutuskan sesuatu perkara selalu berubah-ubah adalah orang yang tidak konsisten. Pembicaraannya tidak bisa dipegang, dan akhirnya tidak dapat dipercaya. Sikap tegas dibuktikan dengan menujukan sikap mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Kemudian fair merupakan suatu sikap tidak pilih kasih dan tidak memihak, dapat juga dikatakan dengan sikap adil. Wirausaha yang memiliki karisma adalah menunjukan ciri seorang wirausaha yang konsisten, tegas dan fair. Konsisten adalah apa yang bisa dan tidak bisa diharapkan. Fair dan tegas adalah meningkatkan respek dan karisma seorang wirausaha.

Faktor-faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi
Faktor-faktor Yang Menunjukan Komitmen Tinggi

2. Mercusuar - Faktor-faktor yang menunjukan komitmen tinggi

Wirausaha yang khairsmatik akan memberikan penerangan yang baik dan berguna. Seorang wirausaha hendaknya bisa mempraktekan apa yang dibicarakannya, selalu disiplin, tidak pernah terlambat, selalu konsisten dan lain sebagainya. Diharapkan wirausaha ini bisa menjadi contoh bagi orang lain.

3. Konsentrasi pada manusia - Faktor-faktor yang menunjukan komitmen tinggi

Wirausaha yang berkonsentrasi pada manusia akan lebih berhasil daripada wirausaha yang hanya berkonsentrasi pada tujuan dan hasil. Untuk dapat menjadi calon wirausaha yang memiliki komitmen tinggi dan tangguh, maka siswa perlu memahami beberapa unsur penting yang harus dikembangkan, yaitu :

a. Unsur pengetahuan adalah salah satu unsur yang mencerminkan tingkat penalaran seseorang, yang biasanya ditentukan oleh tingkat pendidikan seseorang. Cara peningkatan unsur pengetahuan adalah dengan banyak membaca, bersekolah, rajin mengituki kursus, banyak bertanya dan memiliki semangan keingintahuan akan sesuatu hal.

b. Unsur keterampilan merupakan cerminan dari kemampuan kerja fisik seseorang yang biasanya dapat diperoleh dari latihan. Adapun cara meningkatkan keterampilan adalah dengan rajin berlatih, tekun, teliti, disiplin dan bersungguh-sungguh.

c. Unsur sikap mental adalah merupakan respon atau tingkah laku seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu. Sikap mental ini dapat dikembangkan dengan cara siap melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan, tekun beribadah bisa menjadi teladan, tolong menolong, disiplin, berani mengambil resiko, mudah bergaul dan lain sebagainya.

d. Unsur kewaspadaan adalah merupakan paduan antara unsur pengetahuan dan unsur sikap mental dalam menghadapi sesuatu yang mungkin akan dialami, unsur ini lebih pada sikap hati-hati seseorang. Cara meningkat unsur kewaspadaan ini adalah jangan mempunyai perasaan rendah diri, hilangkan rasa ragu-ragu, bersemangat, bekerja dengan akal sehat, selalu berfikir positif, kreatif dan inovatif.
Load disqus comments

0 comments