9 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kitapunya.net, 9 cara ampuh meningkatkan daya tahan tubuh - Sebentar lagi kita akan memasuki musim pertengahan atau musim pancaroba yaitu pergantian musim dari musim panas ke musim penghujan atau sebaliknya. Pada ssat pergantian musim inilah biasanya sistem kekebalan tubuh manusia turun, dan sangat rentan sekali terkena penyakit seperti flu, demam, batuk dan lain sebagainya. Sistem kekebalan tubuh yang ada pada kita adalah keseimbangan hubungan antar sel dan organ yang bekerja sama untuk melindungi kita dari berbagai jenis penyakit. 

Sistem daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh ini sering disebut juga dengan sistem imun , sistem imun pada tubuh kita bekerja untuk membuat suatu antibodi yang menghancurkan "zat asing seperti bakteri, kuman, vitus" yang menjadi sumber timbulnya penyakit. Masih ingatkah dengan iklan salah satu sabun yang dijual dipasaran Indonesia (detol), sabun tersebut dipercaya dapat melindungi bakteri, kuman dan virus. Dengan tubuh kita yang terhindar dari bakteri dan kuman tersebut, maka tubuh kita akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Agar tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit, lakukan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh :

#Olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Cara ampuh yang pertama untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh kita adalah dengan olahraga. Dengan olahraga kita akan lebih fit, serta dengan beroalahraga secara rutin maka dapat meningkatkan jumlah sel yang diproduksi tubuh kita untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, kuman penyebab bakteri.  Kita sering melihat slogan-slogan yang menyatakan bahwa olahraga membuat tubuh kita sehat. Sehat disini artinya adalah tubuh kita dapat melawan berbagai virus penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh kita, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Ada tips juga bagi mereka yang sedang sakir ringan seperti demam, flu, atau batuk, jika mereka bisa berolahraga 30 menit sehari saja, pasti sakitnya akan lebih cepat sembuh. Jadi dengan olahraga maka tubuh kita akan jadi lebih kuat, lebih fit, lebih segar dan lebih sehat. Jadi olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

#Makan yang cukup, teratur dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Cara ampuh yang kedua untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang kedua adalah dengan makan yang cukup, teratur dan bergizi. Seseorang yang makannya kurang dan tidak teratur ditambal lagi tidak ada gizinya, biasanya lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh mereka tidak kuat. Jadi kalau bisa makanlah sesuai dengan kebutuhan anda, dan dilakukan secara teratur. Makan yang cukup dengan teratur saja tidak cukup, makanan yang kita makan gizinya juga harus dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita. Makanan yang mengandung banyak gizinya dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Gizi ini dapat anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran, seperti brokoli, bayam, sawi, dll. Sementara itu selain dari sayuran juga bisa dari telur atau ikan, kalau ikan ini sebagai sumber protein tubuh anda. Contoh ikan yang baik adalah tongkol, ikan laut dan ikan-ikan lainnya.

#Makan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Makan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Makan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Cara ampuh untuk meningkatkan sistem imun yang ketiga adalah dengan banyak makan buah. Point yang ketiga ini masih berhubungan dengan point yang kedua yaitu hal makan. Hampir semua buah mengandung berbagai vitamin, vitamin-vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai contoh adalah vitamin c. Anda dapat memperoleh sumber vitamin c dai buahan atau produk-produk kemasan vitamin c. Produk-produk vitamin c yang dijual dipasaran Indonesia memang sangat banyak dan praktis, tetapi saya sarankan lebih baik mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, mangga untuk mendapatkan vitamin c.

#Banyak minum air untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Cara ampuh meningkatkan kekebalan tubuh yang ke-empat adalah dengan banyak minum air. Kita tahu bahwa tubuh kita sebagaian besar adalah mengandung air. Apabila kita kekurangan cairan atau dehidrasi maka kita akan lebih mudah terserang penyakit, jadi usahakan untuk minum air dalam jumlah yang cukup. Jumlah yang ideal bagi masyarakat Indonesia adalah 8 gelas setiap harinya, kalau bisa lebih dari itu maka lebih baik. Untuk lebih maksimal lagi, minum minuman yang berkualitas, seperti pocari sweat.

#Minum jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Jahe dari dulu sudah dipercaya dapat menghangatkan tubuh, ternyata dibalik manfaatnya untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga bisa untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.Jahe juga mempunyai manfaat untuk menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh kita, hal ini dikarenakan jahe memiliki fungsi sebagai pembersih didalam tubuh. Jahe ini dapat anda jadikan sebagai minuman yang sehat, ketika anda dan sekeluarga kedinginan. 

#Minum madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Dari dulu sampai sekarang madu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Madu juga dapat anda jadikan sebagai suplemen untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh, hal ini dikarenakan madu mengandung berbagai vitamin dan gizi yang sangat banyak.

#Istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Salah satu penyebab seseorang mudah terserang penyakit adalah karena kekebalan tubuhnya kurang, sementara itu salah satu penyebab kekebalan tubuh berkurang adalah kurangnya istirahat. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih fit, lebih segar dan tidak loyo. Sementara itu kurangnya istirahat akan membuat tubuh kita terlalu lelah dan menjadi mudah terserang penyakit. Untuk itu tidurlah yang cukup, minimal 4 - 5 jam setiap harinya untuk kategori dewasa. Sementara untuk anak-anak usahakan tidur selama 7-9 jam setiap harinya.

#Jangan terlalu lelah untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang selanjutnya adalah jangan memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu keras, tubuh yang lelah dapat membuat daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit. Bila sudah terlalu lelah maka biarkan tubuh kita istirahat terlebih dahulu, baru kemudian pekerjaannya dilanjutkan.

#Jaga kebersihan tubuh

Tips yang terakhir adalah jagalah kebersihan. Banyak penyakit yang kita alami adalah karena kebersihan yang kurang, penyakit umumnya disebabkan oleh berbagai bakteri, kuman dan virus. Bakteri atau kuman tersebut sangat senang dengan hal-hal yang berbau kotor, jadi usahakan selalu jaga kebersihan agar kita terhindar dari berbagai jenis bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit. Selalu rutin untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, jangan lupa juga gunakan sabun anti bakteri untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit. 

Baca : Makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Jadi, lakukanlah beberapa tips-tips diatas, agar daya tahan tubuh anda dan anak anda menjadi lebih kuat. Dan tidak mudah terserang penyakit.
Load disqus comments

0 comments