Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin

Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Izin - Islam merupakan agama yang sempurna, sehingga dalam agama Islam hal-hal yang kecil juga sangat diperhatikan. Termasuk etika ketika mask kedalam rumah orang lain. Seringkali saya menemui banyak tetangga saya yang masuk kerumah saya tanpa ijin. Padahal dalam Islam masuk rumah orang lain tanpa meminta ijin terlebih dahulu, merupakan perbuatan yang tidak diperbolehkan. Selain kita tidak diperbolehkan masuk kedalam rumah, sebelum mendapatkan ijin. Kita juga diperintahkan untuk mengucapkan salam. Salam yang dimaksud adalah ucapan salam seperti biasanya "Assalaamu'alaikum warrahmatullaahi wabaaraakatuh" yang mempunyai arti kesejahteraan, rahmat dan berkah Allah swmoga dilimpahkan kepadamu.

Al-Quran yang membahas tentang ini terdapat dalam Q.S. An Nuur ayat 27, Allah swt berfirman yang artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.
Dalam ayat ini Allah swt menyeru kepada orang-orang yang beriman, isi kandungan ayat ini adalah larangan memasuki rumah yang bukan rumah kita sebelum meminta izin. Ini berlaku pada semua rumah yang bukan milik kita, rumah tetangga, rumah saudara, rumah pak RT, rumah pak RW dan lain sebagainya. Kita baru boleh masuk setelah mendapatkan ijin. Akan tetapi apabila memang kita sudah diberikan kebebasan dari pemilik rumah untuk keluar masuk, misal rumah saudara dll. Maka itu diperbolehkan, karena sebenarnya kita sudah mendapatkan ijin jauh-jauh hari.

Masuk rumah tanpa ijin juga bisa mendatangkan fitnah, fitnah yang dimaksud seperti dikira mencuri, dikira membahayakan dan lain sebagainya. Maling juga tidak pernah meminta ijin sebelum ia bertindak mencuri, anda bisa saja dikira maling kalau masuk rumah tanpa ijin terlebih dahulu. Jadi jangan lupa izin terlebih dahulu ya.

Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Ijin
Ayat Al-Quran Tentang Larangan Masuk Rumah Orang Lain Tanpa Ijin

Ini juga berlaku apabila dalam keadaan darurat, misal saja ketika terjadi kebakaran. Maka kita diperbolehkan untuk masuk ke rumah tetangga dalam ranka menolong mereka yang terjebak di dalam kebarakan. Keadaan darurat yang dimaksud misalnya, terjadinya kebakaran sementara ada anak kecil yang berada di dalam rumah, maka kita boleh masuk kedalam rumah tersebut walaupun belum mendapatkan izin dari pemilik rumah. Bila kita tidak masuk dan menolong korban tersebut, bisa jadi malah kehilangan nyawa.


Selain meminta izin sebelum memasuki rumah orang yang belum kita kenal, dalam ayat ini juga dijelaskan mengenai mengucapkan salam sebelum memasuki rumah. Tradisi mengucapkan salam setiap keluar masuk rumah, lama kelamaan semakin berkurang yang mengamalkan. Termasuk yang menulis artikel ini pun sering lupa dalam mengucapkan salam ketika keluar masuk rumah. Bisa jadi suatu saat tidak ada yang mengucapkan salam lagi. (wuih,, tanda-tanda kiamat, wkwk).

Salam pada dasarnya adalah doa, dengan mengucapkan salam sebenarnya kita saling mendoakan satu sama lain. Yaitu berdoa agar semoga diberi kesejahteraan, rahmat dan berkah Allah swt. Sebelum memasuki rumah orang lain, kia harus mengucapkan salam terlebih dahulu. Setelah dijawab dan diperbolehkan masuk kedalam rumah, baru kita boleh masuk. 

Bila kita dalam mengucapkan salam lebih dari 3 kali, dan belum ada jawaban. Mungkin pengguna rumah tersebut sedang pergi atau ada urusan, maka silahkan datang kerumah tersebut lain waktu, atau bisa menghubunginya via sms/telepon.

Load disqus comments

0 comments