6 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan Anda

3 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan Anda - Kita biasa menganggap bahwa makanan pedas akan berdampak buruk bagi kesehatan, benarkah itu? Sebenarnya tidak 100 % persen benar, makanan pedas bila dikonsumsi secara berlebihan memang akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti diare, sakit perut, dll. Tapi sebaliknya bila makanan pedas dikonsumsi dalam porsi yang ideal, maka makanan pedas akan bermanfaat bagi kesehatan anda.

Makanan pedas memang dapat menggoyang lidak, dan membuat ketagihan bagi siapa saja yang memakannya. Saya juga menjadi salah satu orang yang menjadikan makanan pedas sebagai salah satu daftar makanan faforit. Ingat, makanan pedas akan bermanfaat bila dikonsumsi dalam jumlah yang ideal (tidak berlebihan).

Bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti magh, atau penyakit lainnya yang dilarang mengkonsumsi masakan pedas, lebih baik menghindari makan makanan jenis ini. Walaupun memiliki beberapa manfaat, tetapi juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat makanan pedas untuk kesehatan kita? 
  
6 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan Anda
6 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan Anda

1. Membantu menurunkan berat badan - manfaat makanan pedas

Manfaat makanan pedas yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Purdue University 4 tahun lalu, menurut hasil penelitian mereka menyatakan bahwa makanan pedas dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Dalam penelitian sebelumnya juga dihasilkan bahwa dengan mengkonsumsi cabe merah atau makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori, sehingga akan membantu anda dalam proses diet atau penurunan berat badan.

2. Membantu membersihkan sinus anda - manfaat makanan pedas

Salah satu bagian hidung adalah rongga sinus, bila anda rajin makan makanan pedas maka rongga sinus ini akan bersih denngan sendirinya. Karena apa? Setiap anda kepedesan pasti hidung anda akan meler, dan keluar ingus. Karena ingus keluar, maka sama saja anda telah membersihkan rongga sinus. Pertanyaannya mengapa makanan pedas bisa membuat meler? Cabai yang terdapat pada makaan pedas memiliki senyawa ang bernama Capssaicin, senyawa ini hampir mirip dengan yang ada pada dekongestan. Yang mana senyawa ini berguna untuk merangsang selaput lendir yang melapisi saluran hidung untuk keluar, sehingga anda akan ingusan dan bernafas pun jadi lebih plong.

3. Berguna untuk jantung - manfaat makanan pedas

Manfaat makanan pedas yang kedua adalah baik untuk jantung, salah satu pembuat rasa pedas selain cabai yaitu hot paprika. Sayuran yang satu ini berdasarkan penelitian ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Yaitu dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan menggantinya dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu juga akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. 

4. Banyak minum - manfaat makanan pedas

Setelah memakan makanan pedas, apa yang anda lakukan? Minum kan? Ya, dengan makan makanan pedas maka kita dipaksa untuk banyak minum air. Itu artinya bagi anda yang agak susah untuk banyak minum air perharinya, bisa mencoba makan makanan pedas. Pasti akan banyak minum air. Saya sarankan anda banyak minum air putih, karena air ini sangat berguna bagi kesehatan anda. Ingat iklan aqua? Bahwa kurang minum air dapat menurunkan konsentrasi.

5. Melancarkan sirkulasi darah - manfaat makanan pedas

Cabai yang menghasilkan rasa pedas, ternyata juga mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin A dan C. Kedua vitamin ini dapat memperkuat dinding-dinding pada otot jantung. Kemudian panas yang dihasilkan dari lada dapat memperlancar sirkulasi darah.


6. Membuat anda puas - manfaat makanan pedas

Sebagian orang menjadikan sebagai tantangan untuk makan makanan pedas, sebagian orang lagi menjadikan makanan pedas sebagai makanan yang wajib untuk disantap. Jadi bagi mereka yang sangat suka dengan tantangan, pasti akan puas bila bisa memakan makanan yang super pedas. Selain itu juga bila anda sedang stress, cobalah makan makanan pedas. Maka seketika itu juga anda akan kembali segar dan bersemangat.

Dari berbagai manfaat makanan pedas diatas, anda juga harus hati-hati karena makanan pedas juga dapat berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan. Jadi konsumsi makanan pedas sewarjarnya saja.
Load disqus comments

0 comments