Ketahui, 10 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

Kitapunya.net, Ketahui, 10 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan - Salah satu olahraga yang paling murah dan simple adalah lari, lari sering disebut juga dengan jogging. Olahraga yang satu ini digolongkan menjadi olahraga yang paling murah, karena tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat melakukan olahraga yang satu ini. Paling-paling hanya dibutuhkan air minum, sama makanan sedikit sebelum berlari. Untuk masalah sepatu, bila anda tidak punya sepatu lari, bisa kan tanpa menggunakan sepatu.

Lebih enak lagi kalau lari bersama dengan orang tersayang, boleh istri, anak, saudara atau yang lainnya. Pasti joggingnya tambah seru dan semangat, apalagi ditemani oleh kekasih tersayang, duh.. rasanya. Berdasarkan survey kecil-kecilan biasanya orang melakukan jogging di pagi hari, kira-kira apa ya alasannya? mungkin alasannya biar ngak terlalu panas dan dapat menghirup udara segara. Sehingga joggingnya makin betah dan nyaman. Kalau, lari di sore hari? mungkin karena di pagi hari ngak bisa lari jadinya larinya sore hari. Selanjutnya kalau jogging di siang hari? Orang gila mungkin, atau orang yang sedang berjemur yang ingin kulitnya hitam. Terus kalau larinya di malam hari? Itu mungkin karena sedang mengejar pencuri, atau dikejar warga karena mencuri kotak infak di masjid, wkwk.

Meskipun tergolong olahraga yang murah meriah, bukan berarti lari hanya memiliki manfaat yang sedikit. Bahkan lari memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh anda, seperti jantung sehat, berat badan turun lebih cepat, dan lain sebagainya. Berikut adalah manfaat lari yang perlu anda ketahui.

10 Manfaat olahraga lari untuk kesehatan
10 Manfaat olahraga lari untuk kesehatan

1. Menyehatkan jantung - manfaat olahraga lari

Jantung pada tubuh manusia berguna untuk memompa darah keseluruh tubuh, mengingat sangat pentingnya fungsi jantung didalam tubuh kita, maka jantung harus sehat. Dan salah satu agar jantung selalu sehat adalah dengan berlari. Lari atau jogging akan membuat detak jantung semakin cepat, dan ini ternyata sangat berguna bagi kesehatan jantung. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, anda hanya perlu lari minimal satu jam dalam seminggu, dengan lari satu jam dalam satu minggu maka dapat membantu arteri pada jantung mempertahankan elastisitasnya dan membuat jantung lebih kuar, manfaat lari untuk jantung berikutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membakar kalori tubuh - manfaat olahraga lari

 Lari atau jogging sangat efektif untuk membakar kalori tubuh, ini akan berfungsi maksimal apabila anda berlari di pagi hari sekitar jam 7. Di jam tersebut selain anda mendapatkan manfaat lari, juga mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Sehingga anda akan lebih mudah berkeringat daripada anda berlari di pagi hari jam 6 pagi. Untuk mempercepat pembakaran kalori, biasanya ada yang menggunakan jaket agar keringat lebih cepat keluar, dan kalori yang terbakar menjadi semakin banyak. Untuk membakar kalori, anda cukup berlari 5 km saja. Pasti kalori anda akan terbakar, dan berat badan anda akan turun jika anda melakukannya dengan rutin serta disertai program diet sehat.

3. Membentuk tubuh ideal / menurunkan berat badan - manfaat olahraga lari

Dengan berlari maka lemak-lemak yang ada ditubuh kita lama kelamaan akan berkurang, otomatis berat badan kita akan turun sampai dengan berat badan yang ideal. Lalu bagaimana kalau kurus? Itu tidak masalah, bahkan juga disarankan asalkan disertai dengan penambahan porsi makan agar tidak kekurangan nutrisi dan makin kurus.

4. Memperkuat kaki dan memperbesar betis - manfaat olahraga lari

Olahraga yang satu ini sangat mengandalkan kekuatan kaki, semakin sering berlari semakin kuat pula kaki kita. Jadi bagi anda yang ingin memiliki kaki yang kuat, maka lari dapat menjadi alternatif untuk memperkuat kaki anda. Kaki yang kuat ini berguna bagi anda yang pekerjaanya berdiri, atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan kaki yang kuat seperti kuli, dll. Kaki yang kuat juga dibutuhkan oleh orang yang melakukan olahraga lainnya, seperti karate, tewkondo, tinju dll, sehingga olahraga ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai olahraga tersebut, karena dapat mendukung mereka dalam olahraga yang disukainya.

5. Membuat tidur lebih nyenyak - manfaat olahraga lari


Tidur nyenyak - manfaat olahraga lari
Tidur nyenyak - manfaat olahraga lari
Olahraga lari membutuhkan tenaga yang banyak, sehingga sangat melelahkan. Berdasarkan penelitian, orang yang insomia dan disuruh berlari setiap harinya. Mereka bisa tidur lebih cepat dan nyanyak. Ini juga berguna bagi anda yang normal, apabila anda ingin tidur lebih nyenyak coba lari selama 30 menit. Pasti anda akan capek dan lelah. Dan malam harinya anda akan tertidur pulas karena kecapekkan, he he.

6. Menyehatkan kulit - manfaat olahraga lari

Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa lari atau jogging dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita, dengan sirkulasi darah yang lancar maka proses regenerasi atau metabolisme sel-sel kulit kita akan lebih baik. Sehingga kulit menjadi lebih sehat dan segar.

7. Meningkatkan nafsu makan - manfaat olahraga lari

Meningkatkan nafsu makan - manfaat lari
Meningkatkan nafsu makan - manfaat lari
Lari atau jogging dalam jarak yang panjang, akan menguras tenaga yang kita miliki. Sehingga kita akan lebih cepat merasa lapar, kalau sudah lapar nafsu makan akan meningkat. Jadi bagi anda yang tidak nafsu makan, bisa mencoba olahraga yang satu ini. Berlarilah sampai anda lapar dan lemas, maka dijamin setelah itu pasti anda akan mempunyai nafsu makan, dan porsi makan anda akan lebih banyak 2 kali lipat.

8. Tidak strees - manfaat olahraga lari

Jika dilakukan dengan rasa senang, olahraga lari dapat mencegah kita stress. Apalagi kalau lari bersama orang tercinta, pasti dah stress akan kabur jauh-jauh dari anda.

9. Mengurangi risiko penyakit - manfaat olahraga lari

Seperti yang sudah saya bilang diatas, bila anda melakukan olahraga lari secara rutin makan anda akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya terhindar dari penyakit, berat badan ideal (itu artinya tidak obesites yang biasanya disertai dengan diabetes mellitus). Selari mencegah terjadinya sakit jantung dan obesita, lari juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit asma.

10. Meningkatkan stamina - manfaat olahraga lari

Orang-orang yang berlari secara rutin, mempunyai paru-paru yang benar-benar sehat. Pada saat lari paru-paru akan bekerja lebih keras lagi, ini akan membuat pernafasan dan stamina anda baik. 


Demikian 10 Manfaat olahraga lari yang perlu anda ketahui, terimakasih.
Load disqus comments

0 comments