Tujuan, Sasaran dan Asas Kewirausahaan

Tujuan, Sasaran dan Asas Kewirausahaan - Setelah mengerti pengertian kewirausahaan dan wirausaha menurut para ahli, sekarang mari kita bahas materi selanjutnya yaitu tujuan, sasaran dan asas-asas kewirausahaan. Materi ini merupakan materi kelas 10 semester 1 yang saya dapat dari LKS (lembar kerja siswa) untuk SMA/SMK sederajat.

Tujuan kewirausahaan

Kewirausahaan pastinya memiliki suatu tujuan, dan berikut ini adalah beberapa tujuan dari kewirausahaan :
  • Tujuan kewirausahaan yang pertama adalah untuk memperbanyak dan menghasilkan wirausahawan yang berkualitas, sehingga dapat memperbanyak lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.
  • Tujaun kewirausahaan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat
  • Tujuan kewirausahaan yang ketiga adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian para wirausaha untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
  • Tujuan kewirausahaan yang ke-empat adalah untuk membudayakan semangan, sikap, perilkau dan kemampuan kewirausahaan dikalangan masyarakat
Tujuan, Sasaran dan Asas Kewirausahaan
Tujuan, Sasaran dan Asas Kewirausahaan

Sasaran kewirausahaan

Berikut ini adalah 3 sasaran utama kewirausahaan :
  1. Sasaran kewirausahaan yang pertama adalah instansi pemerintah denngan kegiatan usaha (BUMN = Badan Usaha Miik Negara) organisasi profesi dan kelompok masyarakat
  2. Sasaran kewirausahaan yang kedua adalah pelaku ekonomi : terdiri dari pengusaha kecil dan koperasi
  3. Generasi muda, anak-anak putus sekolah dan calon wirausahawan merupakan sasaran kewirausahaan yang ketiga.

Asas kewirausahaan

Setelah mengetahui tentang tujuan dan sasaran kewirausahaan, kini saatnya kita membahas tentang asas-asas kewirausahaan yaitu :
  1. Dapat memecahkan masalah dengan cepat dan tepat, mengammbil keputusan secara sistematis, termasuk memiliki keberanian dalam mengambil risiko.
  2. Memiliki kemampuan bekerja secara tekun, teliti dan produktif
  3. Memiliki kemampuan berkarya dengan semangat kemandirian
  4. Memiliki kemampuan untuk berkarya di dalam kebersamaan dengan etika bisnis yang sehat
Kesempatan merupakan suatu yang ideal bagi para wirausaha. Jika kesempatan untuk menjadi wirausaha itu datang maka ada beberapa keuntungan yang dapat diraih, antara lain :
  • Menjadi bos dalam perusahaan sendiri
  • Mencapai tujuan
  • Memperoleh manfaat dari keuntungan
  • Membantu masyarakat dengan usaha konkrit
  • Mendemontrasikan potensi secara penuh
Supaya dapat mengatur segala kegiatan usahanya dengan sangat baik, maka para pelaku wirausaha harus dapat membuat perencanaan yang tepat dan matang. Mereka juga harus dapat memanagemen (mengatur) waktu dengan sebaik-baiknya, efektif dan efisien.

Efektif disini mempunyai arti bahwa suatu pekerjaan dapat selesai dengan tepat waktu sesuai dengan yang telah direncanakan. Sedangkan arti efisien adalah segala sesuatu yang dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatunya dapat diseselaikan degan tepat, cepat, hemat dan selamat. 

Demikian saja artikel yang berjudul tentang tujuan, sasaran dan asas kewirausahaan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih sebalumnya.
Load disqus comments

0 comments