Teknik Pemecahan Masalah Individu, Kelompok dan Organisasi

Teknik Pemecahan Masalah Individu, Kelompok dan Organisasi - Pada beberapa jam yang lalu kita punya sudah share mengenai pengertian, ciri dan jenis-jenis masalah. Maka dari itu akan saya lanjutkan dengan teknik pemecahan masalah, dari masalah individu, masalah kelompok dan juga masalah organisasi. Saya akan mulai dengan teknik pemecahan masalah untuk masalah individu. Sudah tahu apa itu masalah individu, apabila belum sebaiknya baca artikel sebelum ini.

Teknik pemecahan masalah individu

Teknik pemecahan masalah yang dialami oleh individu atau pribadi caranya berbeda-beda tergantung dari karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing individu. Tetapi ada beberapa langkah yang setidaknya dilakukan dalam rangka pemecahan masalah pribadi, yaitu :
  1. Melakukan usaha untuk memahami masalah yang dialami dengan seksama, cermat dan teliti
  2. Menganalisa masalah dengan cermat
  3. Mengetahui atau mengukur seberapa kemampuan yang kita miliki untuk memecahkan atau mengatasi masalah tersebut
  4. Mengumpulkan data-data atau fakta yang akan membantu dalam proses pemecahan masalah
  5. Sering sharing atau berkonsultas/bertanya kepada orang atau lembaga yang ahli dalam pemecahan suatu masalah
  6. Mengambil keputusan untuk memecahkan masalah

Teknik pemecahan masalah kelompok

Setelah kita mengetahui tentang teknik pemecahan masalah individu, maka selanjutnya adalah pembahasan tentang teknik pemecahan masalah kelompok. Pada masalah yang satu ini membutuhkan suatu metode yang melibatkan banyak orang, tidak seperti pada masalah individu yang hanya bersangkutan dengan urusan pribadi. Metode untuk pemecahan masalah kelompok ada dua macam, yaitu metode diskusi dan metode pengambilan ide. Dan berikut ini adalah penjelasan kedua metode pemecahan masalah kelompok.

1. Metode diskusi
Metode yang pertama untuk memecahkan masalah kelompok adalah metode diskusi, pada metode ini digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam kelompok harus diambil keutusan atau alternatif pemecahan maka dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah, bila tidak bisa musyawarah  mufakat maka diambil suara terbanyat atau yang biasa kita sebut dengan voting.

2. Metode Pengembangan ide
Metode yang kedua untuk memecahkan masalah kelompok adalah metode pengembangan ide. Metode ini dibagi menjadi 3 yaitu brain storming, brain writing dan synectic. Dan berikut ini adalah penjelasan dari ketiga macam metode pemecahan masalah kelompok dengan metode pengembangan ide.
  • Brain Storming (curah pendapat) : Merupakan teknik pemecahan masalah kelompok dengan cara memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi anggotanya untuk berpendapat dalam musyawarah untuk memecahkan masalah.
  • Brain writing : Pengertian brain writing adalah suatu teknik pemecahan masalah yang mana para anggotanya dapat memberikan pendapatnya untuk mencari solusi dalam masalah yang sedang dialami kelompok tersebut, pada teknik ini para anggota menyampaikan pendapatnya dengan menulis di kertas.
  • Synectic : Maksud dari synetic adalah teknik pemecahan masalah kelompok dengan cara menekankan aktivitas transformasi permasalahan.
Teknik Pemecahan Masalah
Teknik Pemecahan Masalah

Teknik pemecahan masalah organisasi

Pada pemecahan masalah organisasi dapat dilakukan dengan memperhatikan asas kesamaan dan kekeluargaan (pada organisasi non profit), sedangkan pada organisasi profit dapat dilakukan dengan efisiensi untung/rugi atas masalah yang diambil.

Demikian saja teknik pemecahan masalah individu, masalah kelompok dan masalah organisasi. Atas kunjungannya di blog Kita Punya, kami ucapkan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments