Pengertian Perilaku Kerja Prestatif

Pengertian Perilaku Kerja Prestatif - Setelah kemarin share mengenai pengertian wirausaha dan kewirausahaan yang merupakan bab 1 dalam materi kewirausahaan kelas 10 smk/sma semester 1. Dan sekarang ini akan kami lanjutkan pada bab ke dua yaitu tentang menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif. Apa yang dimaksud dengan sikap atau perilaku kerja prestatif, berikut ini adalah definisi atau pengertiannya.

Definisi / Pengertian Perilaku Kerja Prestatif

Bersikap atau berperilaku kerja prestatif merupakan salah satu modal dasar untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha. Prestatif dalam hal ini mempunyai arti bahwa seorang yang berwirausaha mempunyai sikap yang selalu berambisi ingin maju dalam segala bidang. Mengapa perilaku kerja prestatif perlu dilakukan? Berikut ini adalah 3 alasan utama yang mengharuskan untuk berperilaku kerja prestatif.
  1. Persaingan bebas
  2. Perubahan yang semakin cepat
  3. Derasnya situs informasi yang semakin luas
Pada poin pertama ada hakekat dari persaingan bebas adalah persaingan yang bebas (tetap sehat) dalam segala bidang yang terdapat tiga kemungkinan yaitu menang, bertahan atau kalah. Point yang kedua adalah perubahan yang semakin cepat di dalam segala bidang terutama dalam perkembangan IPTEK, ini juga akan membuat segala informasi dapat diperoleh masyarakat luas dengan sangat cepat.

Stephen Covey mempunyai pendapat yang telah ditulis dalam bukunya yang berjudul First Thing's Firs, bahwa setidaknya ada beberapa potensial yang dimiliki oleh seseorang untuk maju, yaitu :

1. Self Awareness yang mempunyai arti sikap mawas diri
2. Couscience yang mempunyai arti mempertajam suara hati
3. Independent will atau pendangan independent untuk bekal bertindak
4. Creative imagination yang mempunyai arti berpikir mengerah ke depan untuk memcahkan masalah dengan imajinasi serta adaptasi yang tepat

Pengertian Perilaku Kerja Prestatif
Pengertian Perilaku Kerja Prestatif

Sedangkan menurut Seorang ahli yang bernama Zimmerer, karakteristik seorang wirausaha yang berhasil karena bekerja prestatfi adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya atau pekerjaannya dengan kata lain bertanggung jawab terhadap yang telah dilakukannya
  2. Bertanggung jawab
  3. Mempunyai obesi atau keyakinan sukses untuk mencapai prestasi yang baik
  4. Toleransi untuk mencapai resiko kebimbangan dan ketidakpastian
  5. Mempunyai keyakinan pada dirinya (percaya diri)
  6. Ingin mendapatkan balikan (respon/feed back segera)
  7. Energik seorang wirausahawan lebih baik dibandingkan dengan rata-rata orang lain
  8. Motivasi untuk lebih unggul
  9. Berorientasi ke masa depan
  10. Mau belajar dari kegagalan dan tidak mudah menyerah
  11. Mempunyai kemampuan untuk memimpin
Demikian saja artikel yang berjudul tentang pengertian perilaku kerja prestatif. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih sudah datang di blog http://www.kitapunya.net/

Load disqus comments

0 comments