Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Pada kesempatan sebelumnya kitapunya.net sudah membahas mengenai kedudukan dan fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu untuk melengkapi materi pendidikan kewarganegaraan bab pancasila sebagai ideologi terbuka maka akan saya bahas mengenai pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka. Oke sebelumnya kita bahas dulu tentang pengertian idelogi terbuka dan ideologi tertutup. Karena pada dasarnya sifat ideologi itu ada dua macam, yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup.

Pengertian ideologi terbuka dan ideologi tertutup :

Definisi dari ideologi terbuka adalah suatu ideologi yang mempunyai keluwesan dan kelenturan terhadap perkembangan zaman dan tuntutan zaman. Dapat juga dikatakan mampu untuk menyesuaikan atau beradaptasi dengan perkembangan zaman, tetapi yang perlu diperhatikan adalah meskipun ideologi tersebut mempunyai keluwesan dan kelenturan atau dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ideologi tersebut seharusnya tetap sesuai dengan kepribadian suatu bangsa. Karena ideologi merupakan pedoman bagi warga negara. Walaupun zaman semakin berkembang dan modern, namun substansi dan esensi dari ideologi terbuka ini masih dapat memberi harapan-harapan yang akan memberi kehidupan yang lebih baik sehingga mendorong pengembangan pemikiran-pemikiran yang baru yang dibutuhkan oleh warga negara karena terjadinya perkembangan zaman.

Setelah mengatahui pengertian ideologi terbuka maka selanjutnya adalah pengertian ideologi tertutup. Definisi dari ideologi tertutup adalah suatu ideologi yang beku dan tertutup terhadap perkembangan dan tuntutan zaman sehingga ideologi itu akan tertinggal dan jika mengalami pembaharuan jelas ideologi itu akan ditinggalkan pendukungnya. Sifat ideologi negara kita (Pancasila) adalah ideologi terbuka yaitu bersifat aktual, dinamis dan senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Faktor pendorong pemikiran mengenai keterbukaan ideologi pancasila

Berikut ini kami sebutkan beberapa faktor yang mendorong pemikiran mengenai keterbukaan ideologi Pancasila :
  1. Kenyataan di dalam proses pembangunan nasional berencana dan dinamika masyarakat yang berkembang sangat pesat.
  2. Kenyataan menunjukan bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku cenderung meredupkan perkembangan dirinya.
  3. Pengalaman sejarah politik kita sendiri pada masa lalu.
  4. Tekad kita untuk memperkuat kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dimulai dalam rangka mencapai tujuan nasional. 
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian pancasila sebaga ideologi terbuka

Pancasila merupakan ideologi terbuka, sehingga Pancasila mampu untuk berinteraksi dengan perkembangan zaman yang terjadi secara dinamis. Walaupun begitu, nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila tidak boleh berubah. Yang berubah adalah pelaksanaannya yang kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap kurun waktu. Ideologi pancasila mempunyai sifak aktual, dinamis dan senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pandangan Pancasila sebagai ideologi terbuka didorong oleh tantangan zaman. Apabila suatu ideologi tidak memiliki dimensi kelenturan (fleksibilitas) maka ideologi itu akan mengalami kesulitan dan akan ditinggalkan oleh para pengikutnya.

Pancasila sebagai idelogi terbuka memiliki fleksibilitas atau kelenturan dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman yang cukup bagus, seperti memberi suatu rangsangan agar timbul pemikiran-pemikiran baru yang relevan dan tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar yang terdapat pada Pancasila.

Lanjutkan membaca postingan ini dalam artikel : Perwujudan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Demikian tadi pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.
Load disqus comments

0 comments