Pengertian Kiamat Sugra, Kiamat Kubra dan Kiamat Wustha

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra dan kiamat wustha - Pada kesempatan yang sebelumnya kita punya sudah berbagi mengenai pengertian iman kepada hari akhir, selain itu juga disertai dengan nama-nama hari akhir. Nama-nama hari akhir misalnya Yaumul Qiyamah, Yaumul Ba'ats. Yaumul Hisab dan lain sebagainya, lebih lanjut lagi bisa membaca artikel berikut ini : Nama-nama hari akhir. Nah, setelah mengetahui nama-nama dari hari akhir, maka selanjutnya adalah membahas mengenai macam-macam kiamat. Ada 3 macam kiamat, yaitu kiamat sughra, kiamat kubra dan kiamat wistho. Lalu apa pengertian atau definisi dari ketiga macam kiamat yang telah saya sebutkan diatas? Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian kiamat sugra (kiamat kecil)

Kiamat sughra dapat disebut dengan kiamat kecil. Definisinya merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada alam termasuk manusia, seperti meninggalnya seseorang, atau peristiwa yang sering terjadi disekitar kita seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan peristiwa-peristiwa yang lain yang dapat menyebabkan kehilangan nyawa seseorang atau beberapa orang.

Pengertian kiamat kubra (kiamat besar)

Setelah mengetahui kiamat kubra, maka selanjutnya adalah kimat kubra. Kiamat kubra ini dapat disebut dengan kiamat besar. Definisinya adalah peristiwa hancurnya alam semesta dengan semua isinya termasuk bumi, matahari, dan planet-planet lainnya. Ada banyak sekali dalil tentang kiamat kubra ini, diantaranya adalah pada Q.S. Al - Qori'ah ayat 4 dan 5 yang artinya :
Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebangan. (Ayat 4)
Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (Ayat 5)
Kiamat kubra ini ditandari dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil. Tidak ada yang tahu kapan terjadi kiamat besar ini, kecuali Allah swt. Bahkan Nabi Muhammad saw pun tidak tahu, tetapi Rasulullah saw telah memberikan tanda-tandanya sebelum datangnya hari kiamat. Tanda-tanda kecil kiamat kubra ini adalah diutusnya Nabi Muhammad saw sebagai nabi terakhir, merajalela minuman keras (khamr) dan praktek perzinaan yang dilakukan secara terang-terangan dan lain sebagainya. Sementara itu tanda-tanda besar datangnya kiamat kubra adalah terbitnya matahari dari arah barat, lenyapnya Al Qur'an, Munculnya Ya'juj dan Ma'juj, munculnya dajjal, rusaknya Ka'bah, dan keluanya binatang ajaib yang bisa berbicara dan lain sebagainya.
Hari Akhir
Hari Akhir

Pengertian kiamat wustha

Kiamat wustha ini disebut dengan kiamat pertengahan, atau suatu peristiwa yang menyebabkan meninggalnya banyak orang atau kesengsaraan banyak orang secara bersamaan dalam waktu yang bersama-sama. Contoh dari kiamat wustho ini adalah banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan lain sebagainya.


Demikian saja artikel tentang macam-macam kiamat, dan pengertiannya. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak.
Load disqus comments

1 comments: