Pengertian dan Pentingnya Semangat Wirausaha

Pengertian dan Pentingnya Semangat Wirausaha - Setelah kemarin kita sudah membahas tentang bab merumuskan solusi masalah yang merupakan bab ke 3 pada materi kewirausahaan kelas 10 semester 1. Kita akan membahas tentang mengembangkan semangat wirausaha yang merupakan materi perlajaran bab 4 kewirausahaan kelas 10 semester 1. Oke, saya kira tidak usah panjang-panjang pembukaannya, kita langsung saja ke bahasan utama kita pada pagi hari iini. Sebelumnya bisa baca artikel sebelumnya tentang pengertian, ciri dan jenis masalah.

Pengertian Semangat Wirausaha / Definisi Semangat Wirausaha

Para ahli sudah memberikan pendapatnya tentang definisi semangat wirausaha, dan berikut pengertian kewirausahan menurut para ahli.
  1. Pengertian semangat wirausaha menurut Alex S. Nitisemito adalah bekerja secara lebih giat, sehingga akan membuat pekerjaan cepat selesai dan hasil kerjanya lebih baik.
  2. Pengertian semagat wirausaha menurut Bedjo Siswanto adalah suatu kondisi rohaniah atau perilaku individu tenaga kerja dan kelompok-kelompok yang dapat menyebabkan timbulnya rasa senang yang mendalam pada diri tenaga kerja supaya bekerja dengan giat dan konsekuen dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan 
  3. Pengertian semangat wirausaha semangat menurut Leighten adalah suatu kemampuan sekelompok orang untuk bekerja bersama-sama dengan giat dan konsekuen guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
Dari definisi semangat wirausaha menurut ketiga ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian semangat wirausaha secara umum adalah :
Suatu sikap yang ada pada diri seseorang yang berwirausaha untuk bekerja dengan lebih giat dengan cara mencurahkan segala kemampuan yang dipunyainya, sehingga akan membuat pekerjaannya selesai lebih cepat, dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan (optimal). Serta dengan semangat wirausaha akan didapat beberapa keuntungan yaitu (sudah saya sebutkan dibawah yang jumlahnya ada 6).
Semangat kerja berhubungan erat dengan yang namanya kegairahan kerja. Definisi dari kegairahan kerja adalah suatu kesenangan yang lebih mendalam terhadap pekerjaan, sehingga akan membuat seorang wirausaha akan lebih semangat dan memliki kegairahan dalam bekerja serta pekerjaan dalam lebih cepat dan tidak mudah lelas karena dilandasi dengan rasa senang bukan susah.
Semangat Wirausaha
Semangat Wirausaha

Pentingnya Semangat Wirausaha

Setelah mengetahui beberapa pengertian semangat wirausaha menurut para ahli, sebenarnya apa sih pentingnya semangat wirausaha. Berikut ini kami sebutkan semangat wirausaha :
Seseorang wirausahawan yang mempunyai semangan wirausaha akan mendapatkan beberapa keuntungan atau kebaikan, dan berikut ini yang akan diperoleh seseorang wirausaha yang memiliki semangat wirausaha :
  1. Pekerjaan cepat selesai
  2. Kerusakan dapat dikurangi
  3. Absen dan perpindahan karyawan dapat diperkecil
  4. Tercapai efisiensi dalam bekerja
  5. Tercapainya produktifitas kerja yang tinggi
  6. Usaha yang dijalankan akan lebih cepat berkembang
Load disqus comments

0 comments