Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Masalah

Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Masalah - Masih dalam materi kewirausahaan SMK/SMA kelas 10 semester 1. Pada kesempatan kali ini kami akan posting artikel yang membahas bab ke 3 yaitu tentang merumuskan solusi masalah. Pada bab ini kami akan memulai dengan pembahasan tentang pengertian, ciri dan jenis-jenis masalah. Sebelumnya bisa baca terlebih dahulu artikel tentang pengertian kewirausahaa dan wirausaha. Dan jangan lupa juga baca artikel ini karakteristik kewirausahaan menurut para ahli.

A. Definisi / Pengertian masalah

Di bawah ini adalah beberapa pengertian masalah yang nantinya dapat anda simpulkan pengertian masalah secara umum.
  • Pengertian masalah yang pertama adalah suatu hambatan atau kendala dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan.
  • Maksud dari masalah yang kedua adalah suatu keadaan yang akan membuat kita tidak yakin (tidak percaya diri), ragu ragu, bingung dan cemas.
  • Definisi dari masalah yang ketiga adalah suatu kesenjangan atau perbedaan antara sesuatu yang diinginkan dengan kenyataan.
  • Pengertian dari masalah yang ke-empat adalah suatu perbuatan/tindakan penyimpangan dari norma atau aturang yang berlaku di daerah tersebut
  • Maksud dari masalah yang kelima adalah suatu kesusaha atau kesulitan yang akan menggerakkan seseorang untuk mengatasi atau memecahkan kesulitan tersebut, masalah harus dirasakan sebagai suatu tantangan atau rintangan yang harus diatasi atau dilalui. Masalah harus tampak penting, realistis dan ada gunanya untuk dipecahkan. (Djarwanto, 1989 : 57)

B. Ciri-ciri masalah

Setelah mengetahui pengertian masalah, berikut ini adalah ciri-ciri masalah secara umum dan ciri-ciri masalah menurut teory dewey.
Ciri-ciri masalah secara umum :
Di bawah ini adalah ciri-ciri atau karakteristik masalah secara umum, yaitu ada lima antara lain :
  1. Ciri masalah yang pertama adalah merupakan kesulitan yang harus diatasi
  2. Dapat dijadikan sebagai suatu tantangan dan rintangan yang harus dilalui
  3. Ciri masalah yang ketiga adalah mempunyai sifat penting dan realistis
  4. Dapat menggerakkan seseorang untuk mengatasinya atau memecahkannya
  5. Berguna apabila dipecahkan dipecahkan
Ciri-ciri masalah menurut "Teori Dewey" 
Ciri-ciri masalah menurut "teori dewey" ada lima juga, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Ciri masalah yang pertama adalah akan membuat seseorang merasa bimbang, bingung dan kesulitan.
  2. Ciri masalah yang kedua menurut teory dewey adalah akan membuat seseorang berusaha untuk merumuskan masalah karena ingin dipecahkan, hal ini bertujuan untuk mengatasi kebimbangan, kebingungan dan kesulitan yang dialaminya.
  3. Ciri masalah yang ketiga menurut teori dewey adalah akan membuat seseorang berusaha untuk menguji hipotesis dengan cara mengumpulkan data-data yang sebenarnya sebagai suatu langkah untuk menemukan solusi dalam masalah yang dialaminya.
  4. Ciri masalah yang keempat menurut teori dewey adalah akan membuat seseorang mengembangkan ide untuk mendapatkan pemecahan yang terbaik melalui penalaran
  5. Ciri masalah yang kelima menurut teori dewey adalah akan membuat seseorang mengambil kesimpulan yang didukung fakta-fakta atau bukti-bukti yang telah dikumpulkannya.
Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Masalah
Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Masalah

C. Jenis-jenis masalah dan contohnya

Ada beberapa macam atau jenis dari masalah, yang saya tahu ada 4 jenis masalah yang dipelajari dalam bab ini diantaranya ada masalah pribadi, masalah keluarga, masalah organisasi, dan masalah masyarakat. Sementara itu sebenarnya masih terdapat jenis masalah lainnya yang tidak saya sebutkan dalam artikel ini.

1. Masalah pribadi/individu
Pengertian atau definisi dari masalah pribadi adalah suatu masalah yang dialami oleh individu/pribadi yang bersangkutan.
Contoh : Seorang pelajar yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika.

2. Masalah keluarga
Pengertian dari masalah keluarga adalah suatu masalah yang terjadi di dalam suatu keluarga, atau di lingkungan keluarga di rumah.
Contoh : Seorang adik yang marah kepada kakaknya karena tidak mengajarinya belajar tentang kewirausahaan.

3. Masalah organisasi
Pengertian dari masalah organisasi adalah suatu masalah yang terjadi didalam suatu organisasi tertentu. Organisasi dapat dibagi menjadi dua yaitu organisasi profi (yang bergerak mencari keuntungan) dan organisasi non profit (yang bergerak tidak untuk mencari keuntungan).
Contoh masalah organisasi profit : turunnya omzet penjualan, kelangkaan bahan baku, kerugian.
Contoh masalah organisasi non profit : terjadi perselisisah antar anggota organisasi, fasilitas yang kurang memadai.

4. Masalah masyarakat
Pengertian dari masalah masyarakat adalah suatu masalah yang terjadi didalam suatu masyarakat yang ada karena ulah atau perilaku masyarakat itu sendiri.
Contoh masalah yang ada di masyarakat : Banyaknya jumlah pengangguran, tawuran antar warga dll.

Demikian saja artikel tentang pengertian masalah, ciri-ciri masalah dan jenis jenis masalah. Semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih banyak sudah berkunjung di blog kitapunya.net.

Load disqus comments

0 comments