Penerapan Nilai Pancasila dalam Keluarga, Masyarakat, Sekolah, Bangsa dan Negara

Penerapan Nilai Pancasila dalam Keluarga, Masyarakat, Sekolah, Berbangsa dan Bernegara - Sempat bingung mau kasih judul apa, karena memang sangat panjang sekali judul artikel yang akan saya share pada sore hari ini. Artikel ini merupakan lanjutan postingan sebelumnya yaitu sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka. Sebenarnya judul lengkap artikel ini adalah Aktualisasi atau penerapan nilai-nilai pancasila dalamberbagai lingkungan kehidupan (keluarga, masyarakat, sekolah, berbangsa dan bernegara). Panjang sekali kan, sehingga akan saya singkat menjadi seperti judul di atas. Semoga saja yang membaca ini tetap paham dengan apa yang saya maksud. Oke berikut ini adalah penjelasan dari kitapunya.net yang saya ambil referensi dari LKS PKN kelas 12 semester 1.

Upaya aktualisasi pelaksanaan pancasila yang sungguh-sungguh akan sangat mendukung timbulnya berbagai perilaku yang sesuai (relevan) dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. Berikut ini adalah contoh perilaku-perilakku yang menerapkan nilai-nilai pancasila di berbagai kehidupan, baik itu di keluarga, masyarakat, bangsa dan juga negara.

Contoh perilaku penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan keluarga

Pada umumnya untuk membentuk suatu keluarga maka harus diawali dengan pernikahan, yang mana pernikahan tersebut harus sah secara agama dan sah secara hukum (dicatat oleh pemerintah). Dengan mematuhi norma agama dan norma hukum seperti di atas maka akan mengakibatkan adanya status, hak maupun kewajiban yang jelas bagi semua pihak. Perlu ditanamkan kepada anak-anak kita sedini mungkin perilaku-perilaku yang baik seperti rajin beribadah, sopan santun, bertanggung jawab, suka memberi kepada sesama dan lai sebagainya.

Dalam lingkungan keluarga juga harus dibudayakan sikap kasih sayang, saling menghormati antar sesama anggota keluarga, rukun, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut perilaku-perilaku yang menerapkan nilai-nilai pancasila dalam lingkungan keluarga :
  • Saling menghormati antar sesama anggota keluarga
  • Saling menyayangi satu sama lain (saling melindungi)
  • Sebagai orang tua harus mendidik anak-anaknya agar selalu patuh terhadap agama dan hukum
  • Sebagai orang tua juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, dan memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum dan adat.
  • Sebagai orang tua harus mengajarkan/mendidik anak-anaknya untuk selalu berbuat kebaikan (seperti sedekah kepada orang lain, saling menghormati dll).
  • Sebagai orang tua bersikap adil terhadap anak-anaknya, tidak boleh pilih kasih
  • Sebagai anak harus berbakti kepada orang tua
  • dll

Contoh perilaku penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat

Dalam kehidupan masyaakat, setiap anggota masyarakat harus patuh dan taat pada norma-norma dan aturan yang berlaku di dalam masyarakat tersebut. Sebagai masyarakat maka kita harus saling menghormati, dan saling menghargai hak-hak asasi manusia, menghargai hak miling orang lain dan selalu menjaga hak dan kewajiban kita sebagai masyarakat. Dan berikut ini beberapa perilaku yang mencerminkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dalam lingkungan masyarakat :
  • Saling menghormati dan memberikan toleransi antar umat beragama
  • Rukun dengan tetangga yang berbeda agama. 
  • Berbuat adil kepada tetangga, tidak membeda-bedakan tetangga. 
  • Menyeimbangkan hak dan kewajiban kita di masyarakat.
  • Mematuhi norma-norma dan aturan yang berlaku di dalam masyarakat.
  • Selalu aktif dalam kegiatan sosial seperti kerja bakti, ronda malam dll.

Contoh perilaku penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah

Dalam lingkungan sekolah, semua warga sekolah baik siswa, guru dan juga karyawan harus mematuhi semua peraturan dan tata tertib sekolah sesuai dengan fungsi dan kedudukan masing-masing warga sekolah. Sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman, dan menjadi suasana kekeluargaan yang kedua setelah di rumah. Suasana aman dan tertib di sekolah, serta kebersihan dari sekolah merupakan tanggung jawab bersama segenap warga sekolah. Dan berikut adalah perilaku penerapan nilia-nilai pancasila dalam lingkungan sekolah :
  • Saling menghormati antar siswa
  • Menghormati guru dan karyawan
  • Selalu berusaha untuk berbuat baik kepada sesama siswa sekolah
  • Belajar yang giat agar mendapatkan prestasi dan mengharumkan nama sekolah
  • Membantu teman yang kesulitan dalam memahami materi pelajaran
  • Selalu taat pada aturan sekolah (tata tertib sekolah) / Disiplin
  • Memberikan suara dalam pemilihan pengurus OSIS

Contoh perilaku penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan berbangsa dan bernegara

Seperti halnya pada lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Dalam lingkungan berbangsa dan bernegara kita juga harus taat pada hukum yang berlaku didalam negara tersebut, baik itu merupakan hukum tertulis atau hukum tidak tertulis. Dan berikut ini merupakan contoh perilaku penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan berbangsa dan bernegara :
  • Tertib, taat dan patuh pada aturan yang berlaku di negara tersebut (tertib lalu lintas)
  • Memelihara dan menjaga lingkungan hidup dari kerusakan atau pencemaran lingkungan
  • Jika ada pemilihan umum, kita harus ikut serta (berpartisipasi) dalam pemilihan dan turut mensukseskan pemilu
  • Mendukung dan ikut serta mensukseskan program-program pemerintah
  • Melaporkan kepada pihak yang berwajib, apabila ada tindak kejahatan, atau yang lainnya
Perilaku warga negara yang tertib pada hukum yang berlaku akan membuat terciptanya suasanya yang aman, tentaram dan damai. Perilaku yang merupakan penerapan nilai-nilai pancasila di lingkungan berbangsa dan bernegara itu tidak hanya untuk warga negara saja tetapi juga berlaku bagi segenap komponen bangsa dan segenap komponen penyelenggaraan pemerintah negara. Dengan demikian aktualisasi pelaksanaan Pancasila sebagai usaha mewujudkan tujuan nasional sesuai dengan fungsi dan kedudukan kita masing-masing.

Penerapan Nilai Pancasila dalam Keluarga, Masyarakat, Sekolah, Bangsa dan Negara
Penerapan Nilai Pancasila dalam Keluarga, Masyarakat, Sekolah, Bangsa dan Negara


Sikap positif yang dilakukan olah rakyat Indonesia terhadap nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila terlihat di dalam sejarah perjuangan bangsa dan negara RI. Pancasila ini merupakan ideologi, pandangan hidup bangsa dan dasar negara Kesatuan Republik Indonesia yang benar-benar sesuai dengan kepribadian bangsa dan jiwa bangsa Indonesia serta merupakan salah satu sarana dalam memecahkan/mengatasi suatu masalah yang dihadapi oleh bangsa kita ini. Pancasila juga menjadi pedoman pada saat terjadi krisis nasional dan ancaman terhadap eksistensi bangsa kita.
Load disqus comments

0 comments