Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa - Setelah pada kesempatan yang sebelumnya sudah membahas mengenai kedudukan dan fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia. Yaitu ada 3 dan yang pertama dan kedua sudah saya sebutkan yaitu sebagai dasar negara dan sebagai ideologi bangsa. Dan yang ketiga adalah sebagai pandangan hidup bangsa. Lalu apa maksud dari kedudukan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, berikut kami jelaskan secara rinci.

Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila memberikan suatu petunjuk atau pedoman mengenai nilai kehidupan dalam mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Pancasila menjadi pedoman hidup atau way of life yang dapat mempersatukan kita serta memberi petunjukdalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan bati dalam masyarakat Indonesia.

Dalam kedudukannya tersebut, pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempunyai fungsi sebagai berikut :

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa


1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
Pancasila berfungsi dan berperan dalam memberikan gerak atau dinamika kehidupan serta membimbing ke arah tujuan untuk mewujudkan masyarakat Pancasila. Jadi Pancasila menjiwai bangsa Indonesia dalam semua tingkah laku dalam bermasayarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Pancasila sebagai Kepribadian bangsa Indonesia
Sebagai kepribadian bangsa Indonesia, pancasila berfungsi dan berperan dalam menunjukan adanya kerpibadian bangsa Indonesia yang dapat dibedakan dengan bangsa lain di muka bumi ini. Yaitu tentang sikap, perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan cita-cita Pancasila.
Load disqus comments

0 comments