Manfaat Kewirausahaan Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Manfaat, Sikap dan Perilaku Kewirausahaan - Pada postingan sebelumnya kita membahas tentang pengertian kewirausahaan dan wirausaha, nah selanjutkan akan kami lanjutkan dengan postingan yang berjudul manfaat kewirausahaan, sikap dan perilaku wirausahawan. Oke, langsung saja berikut ini adalah penjelasan dari kita punya :

Manfaat kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebaagi berikut :
  1. Manfaat kewirausahaan yang pertama adalah menciptkan lapangan pekerjaan sehingga akan mengurangi pengangguran.
  2. Manfaat kewirausahaan yang kedua adalah sebagai pemberi teladan agar terus bekerja keras, tekun, disiplin dan ain-lain.
  3. Manfaat kewirausahaan yang ketiga adalah mendidik para karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, kerja keras, jujur, dan teliti dalam bekerja.
  4. Manfaat kewirausahaan yang keempat adalah untuk mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, tidak boros atau berfoya-foya.

Sikap dan perilaku wirausahawan

Berikut ini adalah sikap dan perilkau seorang wirausahawan. Kita mulai dari sikap wirausahawan.
  • Sikap wirausahawan yang pertama adalah mampu berpikir dan bertindak reatif dan inovatif
  • Sikap wirausahawan yang kedua adalah mampu bekerja tekun, teliti dan produktif
  • Sikap wirausahawan yang ketiga adalah mampu berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat
  • Sikap wirausahawan yang keempat adalah mampu berkarya dengan semangat kemandirian
  • Sikap wirausahawan yang kelima adalah mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis dan berani mengambil resiko.
Kemudian adalah perilaku wirausahawan. Berikut ini beberapa perilaku wirausahawan : 
  1. Perilaku wirausahawan yang ke satu adalah mempunyai rasa percaya diri, yaitu teguh pendiriannya, tidak tergantung pada orang lain, memiliki kepribadian yang baik, dan juga optimis dalam bekerja (tidak mudah menyerah).
  2. Perilaku wirausahawan yang ke dua adalah berorientasi pada tugas dan hasil yaitu selalu berusaha untuk berprestasi sesuai dengan taeger, memiliki ketekunan, kerja keras, dan mempuyai motivasi yang kuat.
  3. Perilaku wirausahawan yang ke tiga adalah pengambil risiko yaitu enerjik dan berinisiatif, mempunyai keberanian mengambil risiko, suka pada tantangan, tetapi tetapi dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu atau menganalisa dampak positif dan negatifnya terlebih dahulu.
  4. Perilaku wirausahan yang ke empat adalah keorisinilan yaitu berperilaku krativ, inovatif, dan fleksibel, dan mempunyai ilmu pengetahuan yang banyak.
  5. Perilaku wirausahawan yang ke lima adalah berorientasi ke masa depan yaitu mempunyai pandangan ke masa depan, optimis dalam memandang masa depan.
Manfaat Kewirausahaan Sikap dan Perilaku Wirausahawan
Manfaat Kewirausahaan Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Disamping harus mempunyai sikap dan perilaku tersebut di atas,  seorang wirausaha juga dituntut untuk mempunyai keterampilan-keterampilan yang dapat menunjang keberhasilan yaitu sebagai berikut :

Keterampilan dasar seorang wirausaha (wirausahawan)

  • Memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi
  • Mempunyai keperibadian yang unggul
  • Mempunyai ide-ide cemerlang, dan berinisiatif
  • Dapat mengkoordinasikan kegiatan usaha

Keterampilan khusus seorang wirausaha (wirausahawan)

  • Keterampialan khusus yang pertama adalah keterampilan konsep (conceptual skill) yaitu keterampilan dalam melakukan wirausaha secara menyeluruh berdasarkan konsep yang telah dibuat
  • Keterampilan khusus yang selanjutnya adalah keterampilan teknis (tecnical skill) yaitu keterammpian untuk melakukan teknik teknik tertentu dalam berwirausaha.
  • Keterampilan khusus yang ketiga adalah human skil yaitu keterampilan dalam bekerja sama dengan orang lain, bawahannya dan sesama wirausahawan
  • Keterampian khusus yang keempat adalah managerial skill yaitu keterampilan dalam mengelola, mengatur dan menjalankan usaha.

Load disqus comments

0 comments