Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia - Sebelumnya sudah share mengenai kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara. Maka dari itu akan saya tambah lagi dengan materi selanjutnya supaya lebih lengkap artikelnya. Pada kesempatan kali ini kita punya mengambil judul kedudukan dan fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia. Dalam perjalanan sejarah ketatanegaraan bangsa kita, Pancasila ang kita gali dari bumi Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai berikut :

a. Kedudukan dan Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

Secara yuridis formal Pancasila ini memiliki kedudukan sebagai Dasar Negara. Dasar hukum yang menyatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia adalah pada Pembukaan UUD 1945 alinea yang ke 4 yang kalimatnya adalah sebagai berikut :
.... Negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, ...
Makna dari "dengan berdasar kepada" mengandung arti bahwa sila-sila yang jumlahnya ada lima atau yang biasa disebut dengan pancila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Dalam kedudukannya sebagai dasar negara Pancasila mempunyai 2 fungsi yaitu :
  1. Fungsi pancasila sebagai dasar negara yang pertama adalah Perjanjian luhur : Pancasila sebagai perjanjian luhur seluruh rakyat Indonesia mempunyai arti bahwa keputusan PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 yang menetapkan secara kontitusional Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.
  2. Fungsi pancasila sebagai dasar negara yang kedua adalah sebagai Sumber dari segala sumber hukum : Pancasila sebagai sumber hukum berarti bahwa seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku, bersumber dan tidak boleh berentangan dengan pancasila.
Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia
Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

b. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia

Ideologi pada hakekatnya merupakan suatu perangkat gagasan yang tersusun secara sistematis sebagai pedoman tentang tata cara hidup, tatanan yang hendak dicapai dan juga sebagai sesuatu yang akan dipegang teguh oleh kelompok yang meyakininya. Pancasila sebagai idelogi bangsa akan diwujudkan secara nyata dalam berbagai kehidupan yaitu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dalam kedudukannya sebagai ideologi bangsa Indonesia Pancasila mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

1. Cita-cita luhur bangsa Indonesia
Tujuan yang hendak dicapai bangsa Indonesia adalah suatu masyarakat yang adil dan makmu yang merata material dan spiritual berdasarkan pancasila di dalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Sebagai moral pembangunan
Fungsi pancasila sebagai moral pembangunan mengandung maksud agar nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 dijadikan tolok ukur dalam melaksanakan pembangunan nasional baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun dalam evaluasinya.

Postingan ini akan kami lanjutkan pada halaman ke 2 (selanjutnya) yaitu pada artikel pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Load disqus comments

0 comments