Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)

Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir) - Sebelum membahas artikel ini, saya sudah share artikel yang berjudul pengertian iman kepada hari kiamat, dan juga macam-macam kiamat seperti kiamat sughra, kubra dan wustho. Hari kiamat merupakan suatu saat dimana alam semesta dan isinya hancur lebur, waktu terjadinya kiamat tidak ada yang tahu. Yang tahu hanyalah Allah swt, tetapi kita harus meyakini adanya hari kiamat. Beriman kepada hari kiamat termasuk dalam rukun iman yang ke lima. 

Setelah terjadinya hari kiamat, maka semua manusia yang telah mati akan dibangkitkan lagi untuk mendapatkan pembalasan. Yang pada akhirnya akan masuk surga atau neraka, tergantung pada amal dan perbuatan yang dilakukannya di dunia ini. Bila kebaikannya lebih banyak dari keburukannya maka ia akan masuk surga, dan juga sebaliknya. Oke langsung saja berikut ini adalah hikmah beriman kepada hari kiamat :

Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)
Hikmah Beriman Kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)

Hikmah beriman kepada hari kiamat / hari akhir

1. Beriman kepada hari kiamat akan membuat kita menjadi lebih giat dalam beramal shalih, hal ini dikarenakan kita mempercayai bahwa sesudah mati akan ada kehidupan lagi untuk mempertanggung jawabkan perbuatan yang dilakukan di dunia ini.

2. Dengan beriman kepada hari kiamat kita akan berhati-hati dalam berbuat sesuatu, terutama perbuatan dosa. Mengingat perbuatan dosa sekecil apapun akan dibalas di akhirat nanti.

3. Dengan beriman kepada hari kiamat, otomatis kita juga akan percaya adanya surga dan neraka. Dengan begitu kita akan lebih termotivasi untuk lebih taat kepada Allah swt dan selalu berhati-hati agar tidak melakukan perbuatan dosa karena takut masuk neraka dan ingin masuk surga. 

4. Dengan beriman kepada hari akhir, seseorang akan selalu melaksanakan kewajibannya, dan juga tidak terlena dengan kehidupan di dunia yang sementara ini.

5. Dengan beriman kepada hari kiamat akan membuat kita sadar bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, sementara kehidupan di akhirat adalah kekal (selama-lamanya). Suatu saat kita pasti akan mati, dan dunia ini akan hancur dan berlanjut di alam akhirat yang kekal. Kehidupan di akhirat nanti akan sesuai dengan amal perbuatan yang kita perbuat di dunia ini. Untuk itu kita harus berbuat yang sebaik-baiknya ketika hidup di dunia, kita harus semaksimal mungkin dalam beramal shalih.

6. Dengan beriman kepada hari kimat maka akan membuat seseorang sering bertaubat kepada Allah swt, karena takut akan mendapatkan siksa di akhirat nanti.

7. Dengan beriman kepada hari akhir maka manusia juga akan ber-amar ma'ruf nahi munkan kepada sesasam muslim

8. Memperoleh ketentuan Allah swt dengan ikhlas dan lapang dada, Allah tidak perna menciptakan sesuatu dengan sia-sia.

Demikian saja artikel yang berjudul hikmah beriman kepada hari kiamat. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari materi ini. Terimakasih.
Load disqus comments

0 comments