Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja - Kita Punya - Setelah membahas tentang pengertian dan pentingnya semangat wirausaha, maka saya akan melanjutkan dengan postingan yang berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja. Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas menegenai definisi semangat kerja, yaitu suatu suatu sikap yang ada pada diri seseorang untuk bekerja dengan lebih giat sehingga pekerjaanya dapat selesai tepat waktu dan hasilnya optimal.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja, dan berikut ini adalah faktor-faktornya :

1. Modal sumber daya manusia (SDM)

Faktor yang pertama adalah datang dari manusianya, ini terkait dengan kebiasaan dan perilaku seseorang. Apabila ia sudah terbiasa bekerja giat (cepat), maka dia akan terlihat lebih bersemangat daripada orang yang terbiasa bekerja lambat.

2. Kepuasan materi dan non materi

Faktor yang mempengaruhi semangat kerja yang kedua adalah kepuasan yang didapat dari berusaha, kepuasan ini bisa bersifat materi ataupun non materi. Misal saja seseorang akan lebih bersemangat ketika ia mendapatkan uang yang lebih banyak daripada biasanya (bersifat materi).

3. Kesesuaian bakat dan minat

Faktor yang mempengaruhi semangat kerja yang ketiga adalah kesesuaian bakat dan minat. Artinya orang akan lebih bersemangat bekerja apabila pekerjanannya sesuai dengan bakat yang dimilikinya dan disenanginya. Berbeda jika tidak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki, tentunya pekerjaannya juga kurang baik.

4. Lingkungan kerja

Faktor yang mempengaruhi semangat kerja yang keempat adalah lingkungan kerja. Orang akan lebih bersemangat apabila lingkungan kerjanya nyaman dan menyenangkan. 

5. Komunikasi

Faktor yang mempengaruhi semangat kerja yang kelima adalah komunikasi. Setelah faktor lingkungan kerja, selanjutnya adalah faktor komunikasi. Kalau lingkungan berkaitan dengan tempat sekitar, tetapi kalau komunikasi ini berkaitan dengan sosialisai (atau hubungan antara sesama manusia). Bila terjalin komunikasi yang baik anatara seorang wirausaha dengan masyarakat sekitar, tentunya seseorang tersebut akan lebih bersemangat, terlebih lagi bila mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja


Semangat kerja pada diri seseorang dapat juga turun, salah satu indikasi atau ciri bahwa seseorang tidak bersemangat kerja dalah turunya produktivitas kerja. Semangat kerja akan menumbuhkan sikap inovatif, kreatif, dan motivasi serta kerja efektif dan efisien. Sikap-sikap ini tentunya akan berguna bagi perkembangan perusahaan tersebut. Pengertian dari sikap inovatif adalah suatu sikap menciptakan hal-hal yang baru. Sikap kreatif adalah suatu sikap yang dapat menciptakan perubahan yang baik. Kreativitas ini merupakan awal dari pembentukan sikap inovatif. 

Sedangkan motivasi adalah suatu dorongan untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Yang selanjutnya adalah kerja efektif dan efisien adalah sikap kerja dengan memperhitungkan penggunaan segala sumber daya secara tepat untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Cara memberi motivasi

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi agar lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Yaitu :
1. Insentif materil : Motivasi dengan melakukan pemberian reward atau hadiah yang berupa materi, seperti uang atau barang.
2. Insentif semi materil : Motivasi dengan melakukan promosi jabatan, kursus atau pendidikan.
3. Insentif immateril : Motivasi dengan memberikan suatu pujian, penghargaan, dan perhatian kepada para pekerja.
Load disqus comments

0 comments