Cara Mendorong Semangat Kerja - Materi Kewirausahaan

Cara Mendorong Semangat Kerja - Materi Kewirausahaan - Sebelumnya kita punya sudah share mengenai pengertian dan pentingnya semangat kerja. Setelah mengetahui definisi dari semangat kerja, maka akan saya lanjutkan dengan cara mendorong agar kita memiliki semangat dalam bekerja.

Cara Mendorong Semangat Kerja

Semangat kerja ini akan berguna bagi anda dan usaha yang anda jalani selama ini, dengan semangat kerja tentunya kita akan merasa lebih giat, dan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tentunya akan lebih cepat selesai, itu bila dilihat dari segi waktunya. Dari segi kualitas juga akan lebih baik atau lebih berkualitas hal ini karena orang yang memiliki semangat kerja pasti akan mengerjakan sebaik mungkin, berbeda dengan orang yang bermalas-malasan ketika bekerja. Hasilnya tentu akan berbeda bukan? Dan berikut adalah cara-cara untuk mendorong semangat kerja seserang :

1. Mendorong semangat kerja dengan pendidikan
Cara mendorong semangat kerja seseorang yang pertama adalah dengan pemberian pendidikan. Dimana pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan wirausaha tentang pelayanan perusahaan khususnya tentang alasan mereka membeli barang dan jasa, tentang masalah yang dihadapi pelanggan dan tentang apa kebtuhan serta einginan yang spesifik dari pelanggan.

2. Mendorong semangat kerja dengan nilai nilai
Cara mendorong semangat kerja yang selanjutnya yaitu dengan nilai-nilaik, maksudnya adalah dengan mendidik seorang wirausaha tentang nilai-nilai perbaikan produk dan pemasarannya, tentang proses distribusi dan perbaikan teknik produksinya untuk dapat bersaing.

3. Iklim kerja yang mendorong terciptanya ide-ide
Cara mendorong semangat kerja yang ketiga adalah dengan menciptakan suatu suasana/iklim kerja yang positif yang dapat mendorong untuk terbentuknya ide-ide baru yang berguna bagi usahanya. Dengan suasana yang baik ini seorang wirausaha akan lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya.

4. Mendorong semangat kerja dengan memilih bidang usaha yang sangat sesuai dengan minat dan bakat
Cara mendorong semangat kerja yang keempat adalah dengan berwirauaha pada bidang yang sesuai dengan minat dan bakat, tentunya dengan bekerja sesuai dengan yang kita senangi atau seseui dengan bakat yang kita miliki, kita akan lebih semangat, lebih giat daripada berwirausaha di bidang yang tidak kita senangi dan tidak sesuai dengan bakat kita.

5. Menciptakan kepentingan/keinginan yang menarik dalam hatinya.
Cara mendorong semangat kerja yang kelima adalah dengan cara membuat keinginan yang menarik dalam hatinya, maksud dari ini adalah membuat sesuatu keinginan dalam hati sehingga kita akan lebih semangat. Misal saja saya akan membeli mobil Toyota Fortuner, maka untuk mewujudkan impian saya membeli mobil tersebut saya harus bekerja keras dan semangat. 

6. Menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat
Cara mendorogn semangat kerja yang keenam adalah dengan menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat, sehingga akan membuat adanya dukungan dari masyarakat sekitar sehingga akan lebih membuat semangat dalam berwirausaha, sebaliknya bila kita terdapat masalah dengan masyarakat sekitar, tentunya kita akan tidak nyamak bekerja dilingkungan tersebut.

7. Menciptakan lingkungan kerja dan kondisi fisik pekerjaan yang nyaman.
Cara mendorong semangat kerja yang ke tujuh terkait dengan kondisi fisik pekerjaan dan lingkungan kerja. Bila keduanya membuat kita nyaman, maka akan dapat meningkatkan semangat kerja. Maksud nyaman disini seperti lengkapnya fasilitas, tidak tergangggu gangguan dari luar seperti bau kotoran ayam, dll. 

Cara Mendorong Semangat Kerja - Materi Kewirausahaan
Cara Mendorong Semangat Kerja - Materi Kewirausahaan


8. Saling terbuka pada karyawan atau pihak yang lainnya
Cara mendorong semangat kerja yang kedelapan adalah dengan saling terbuka kepada karyawan yang dimiliki dan pihak-pikhak yang lain. Maksud terbuaka adalah dengan saling bertukaran pikiran/ide, gagasan, kritik dan saran atau yang lainnya yang dapat membantu mengembangkan usahanya. Ini juga dapat membuat lebih semangat dalam bekerja.

9. Mmperhatikan kebutuhan rohani
Cara mendorong semangat kerja yang terkahir adalah dengan memperhatikan kebutuhan rohani, dengan begitu ini akan membuat hatinya lebih tenang dan tentram, serta mendapatkan kepuasan lahir dan batin. Tentunya akan membuat seorang menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan usahanya.

Demikian saja 9 cara mendorong semangat kerja dalam materi kewirausahaan. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments