Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintah Daerah

Pada kesempatan kali ini Kita Punya - Materi PKN tentang otonomi daerah akan share artikel yang berjudul Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemerintah daerah, setelah sebelumnya membahas tentang pengertian, fungsi dan tujuan publik yang kemudian dilanjutkan membahas tentang proses perumusan kebijakan publik. Oke, langsung saja berikut ini penjelasannya :

Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintah Daerah

Kita sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam upaya mendukung suksesnya pembangunan di daerah yang kita tempati. Di samping itu juga sebagai warga negara yang aktif kita harus selalu tanggap dengan segala kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Hal itu dimaksudkan untuk :

  1. Agar kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Agar pemerintah di daerah sesuai dengan dasar negara Pancasila dan UUD 1945.
  3. Agar pemerintah di daerah selalu berpihak kepada kepentingan umum (rakyat) bukan kepentingan partai ataupun kepentingan pribadi.
Dukungan warga negara terhadap pemerintahan di daerah dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang positif, yaitu sebagai berikut :
  1. Selalu mematuhi dan melaksanakan peraturan daerah
  2. Melaksanakan kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat
  3. Merawat lingkungan dan tidak merusak atau mencemari lingkungan hidup
  4. Rutin membayar pajak kendaraan bermotor
  5. Menyampaikan aspirasi dengan cara santun kepada pemerintah daerah setempat
Usul, saran atau pendapat masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah dapat disampaikan kepada DPRD melalui temu wicara dengan anggota dewan, menyampaikan secara tertulis kepada pemerintah daerah atau DPRD, menulis di media massa seperti surat kabar, media sosial, dan lain sebagainya.

Partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik terutama di daerah akan memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat daerah.

Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintah Daerah
Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintah Daerah

Berikut ini dampak positif partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah :
  1. Adanya perubahan tingkat kesadaran masyarakat akan hak dan kewajibannya, dan juga peningkatan kelembagaan masyarakat dalam proses perumusan kebijakan publik.
  2. Terbentuk dan berperannya forum stakeholder (pihak yang terkait dan berkepentingan dengan kebijakan publik) di daerah dalam rangka penyampaian aspirasi dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.
  3. Berkembangnya kehidupan demokrasi dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan
  4. Pengelolaan keuangan daerah lebih transparan sejak awal pembahasan. Rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD).
  5. Adanya perubahan pola pikir dan perilaku aparat pemerintah dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik dan transparan
  6. Terbukanya ruang bagi masyarakat dalam melakukan pengawasan sosial.
Load disqus comments

0 comments