Pengertian, Tujuan dan Motif Konsumsi

Pengertian, Tujuan dan Motif Konsumsi - Pada kesempatan yang lalu dalam artikel yang berjudul 3 kegiatan ekonomi, sudah disinggung mengenai pengertian daripada konsumsi. Agar lebih lengkap lagi, pada kesempatan kali ini Kita Punya akan membahas tentang salah satu macam kegiatan ekonomi, yaitu konsumsi. Oke, langsung saja berikut ini penjelasan tentang pengertian konsumsi, tujuan konsumsi dan motif konsumsi.

Pengertian konsumsi

Konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi manusia dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan (serta untuk tujuan konsumsi dibawah ini)dan kegiatan ini akan mengurangi atau menghabiskan nila guna dari suatu barang atapun jasa. 

Contoh mengurangi nila guna suatu bangsa misalnya : mengguanakan handphone, menggunakan komputer/laptop/komputer, menonton televisi, dll. Sedangkan contoh menghabiskan nila guna suatu barang misalnya : minum kopi, makan snack, dan lain sebagainya.

Tujuan Konsumsi

Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Dan kegiatan yang satu ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memenuhi kebutuhan manusia
  2. Memperoleh kepuasan dan juga kenikmatan
  3. Mempertahankan kelangsungan hidup

Pada kenyataannya tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi karena tersedianya alat pemuas kebutuhan.jumlahnya terbatas. Keadaan ini menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan dengan aat kebutuhan sehingga menantang setiap orang untuk berusaha memenuhi kebutuhannya. Usaha dalam memenuhi kebutuhan yang bermacam-macam dapat dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai macam barang dan jasa yang akan dikonsumsi. Kombinasi yang dipilih akan disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan orang yang membutuhkan. Dengan kombinasi barang dan jasa yang dipilih diharapkan dapat mencapai kepuasan maksimal sehingga tujuan daripada kegiatan ekonomi konsumsi dapat terlaksana (tercapai).

Pengertian, Tujuan dan Motif Konsumsi
Pengertian, Tujuan dan Motif Konsumsi

Pengertian dan macam-macam Motif Konsumsi

Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas tentang motif ekonomi, pada kesempatan ini akan dibahas tentang motif konsumsi. Pengertian dari motif konsumsi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan konsumsi barang atau jasa. Macam-macam motif konsumsi antara lain adalah sebagai berikut ;

  1. Menaikkan status sosial
  2. Mendapatkan pengakuan
  3. Memperoleh kepuasan dan kenikmatan
Load disqus comments

0 comments