Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi

Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi - Setelah pada kesempatan yang lalu sudah membahas tentang salah satu kegiatan ekonomi yang pertama, yaitu konsumsi. Dari mulai pengertian, tujuan dan motif konsumsi sampi pada faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi.

Setelah mempelajari konsumsi, baru kemudia kegiatan ekonomi yang kedua yaitu produksi. Semua barang-barang yang kita konsumsi setiap hari merupakan hasil daripada suatu produksi. Contoh hasil produksi seperti motor, meja, kursi, tas, pakaian, sepatu, lemari dan lain sebagainya.

Pengertian Produksi

Produksi mempunyai pengertian adalah suatu kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang memenuhi kebutuhan. Orang atau badan yang melakukan kegiatan produksi disebut dengan produsen. Berdasarkan pengertian tersebut maka produksi mengandung dua hal pokok, sebagai berikut :
  1. Menciptakan nilai guna. Misalnya, membangun rumah, membuat pakaian, membuat tas, membuat sepeda dan lain sebagainya.
  2. Menambah nilai guna. Misalkan, memperbaiki televisi, memperbaiki sepatu, memperbaiki atau memodifikasi mobil/motor dan lain sebagainya.
Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi
Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi

Tujuan Produksi

Setelah mengetahui pengertian produksi seperti yang telah saya jelaskan di atas, dan berikut ini beberapa tujuan produksi.
  1. Memenuhi kebutuhan masyarakat : Sebagian besar kebutuhan masyarakat dipenuhi oleh kegiatan produksi. Pakaian, televisi, sepeda motor dan barang-barang lainnya merupakan hasil dari kegiatan produksi.
  2. Mencari keuntungan : Mengapa produsen mau melakukan kegiatan produksi? Tentu jawabannya adalah untuk mendapatkan yang sebesar-besarnya. Keuntungan tersebut diperoleh dari selisih penerimaan dan biaya produksi yang dikeluarkan.

Load disqus comments

0 comments