Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli - Kita punya sebelumnya suda membahas tentang banyak hal, dan ini merupakan postingan yang ke 486. Kali ini saya akan membahas mengenai materi kewirausahaan smk kelas 1 semester gasal. Dan akan saya mulai dengan pengertian kewirausahaan menurut para ahli. Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dan macam-macam sosialisasi. Oke, berikut ini adalah penjelasannya :

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli


Pengertian kewirausahaan secara harafiah
Kewirausahaan berasal dari kata "wirausaha", diberi awalah ke dan akhiran an. Wirausaha sendiri terdiri dari kata "wira" yang mempunyai arti perwira atau pahlawan, sedangkan "usaha" mempunyai arti daya atau upaya. Jadi definisi dari kewirausahaan adalah suatu hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan yang bersifat bisnis atau yang bukan bisnis (non bisnis secara mandiri.

Pengertian kewirausahaan menurut Zimmerer (Tahun 1996)
Menurut Zimmerer definisi dari kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas & emosi dalam memecahkan suatu pemasalahan atau persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki kehidupan.

Pengertian kewirausahaan menurut Savary
Definisi kewirausahaan menurut pendapat Savary adalah, asal kata kewirausahaan adalah Entrepreneur, seperti yang terdapat dalam bukunya yang berjudul "kamus dagang", definisi dari entrepreneur adalah orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti meskipun orang itu beum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.

Pengertian kewirausahaan menurut Robin (tahun 1997)
Menurut Robin definisi dari kewirausahaan adalah suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengejar peluang/kesempatan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka atur.

Pengertian kewirausahaan menurut A. Pekerti (tahun 1999)
Definisi kewirausahaan menurut A. Pekerti adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.

Pengertian kewirausahaan menurut Inpres No 4/1995 tentang GNMMK (Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan)
Definisi dari kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upay : mencari, menciptkan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi palayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.


Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian wirausaha menurut pandangan para ekonom
Definisi dari wirausaha berdasarkan pandangan dari para ekonom adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, seperti alam, tenga kerja, modal dan keahlian atau skill.

Pengertian wirausaha menurut pandangan para psikolog
Berdasarkan pandangan para psikolog definisi dari wirausaha adalah seseorang yang mempunyai motif (dorongan) kekautan yang berasal dari dalam diri untuk mencapai suatu tujuan, suka mengadakan percobaan (eksperiman) untuk menampilkan kebebeasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.

Pengertian wirausaha menurut para pemodal
Para pemodal mempunyai pandangan bahwa wirausaha adalah seseorang yang telah menciptakan kesejahteraan untuk orang lain dengan menemukan cara-cara baru untuk menggunakan berbagai sumber, mengurangi pemborosan dan membukan lapangan-lapangan pekerjaan bagi masyarakat untuk mengurangi pengangguran.

Pengertian wirausaha menurut pandangan para businessman
Definisi kewirausahaan dari para pebisnis adalah suatu ancaman pemasok, konsumer atau seseorang yang bisa diajak untuk bekerja bersama (kerjasama).

Pengertian wirausaha menurut Gede Prama (tahun 1996)
Definisi dari wirausaha menurut gede prama adalah seseorang yang memiliki keberanian dalam memaksi diri sendiri untuk menjadi pelayan bagi orang lain.

Pengertian wirausaha menurut J.A. Schiunpeter
Definisi wirausaha menurut pandangan atau pendapat J.A. Schiunpeter adalah seorang inovator sebagai individu yang memiliki naluri untuk melihat materi sedemikian rupa dan kemudia terbukti benar mempunyai semangan, kemampuan dan pikiran untuk menaklukkan cara berpikir lamban dan malas.

Pengertian wirausaha secara umum

Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha Menurut Para Ahli
Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha Menurut Para Ahli

Definisi wirausaha berdasarkan kesimpulan pendapat para ahli (secara umum), adalah seseorang yang memiliki kemampuan/keahlian melihat dan menilai suatu peluang atau kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan dengan fungsi atau tujuan untuk mendapatkan laba (keuntungan) dan tindakan yang tepat dalam memastikan kesuksesan.

Nah, demikian saja artikel yang berjudul pengertian kewirausahaan dan wirausaha menurut para ahli, dan juga secara umum. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak sudah mampir di blog kita punya ini.

Load disqus comments

0 comments