Pengertian Kelangkaan dan Sebab-sebab Kelangkaan

Pengertian Kelangkaan dan Sebab-sebab Kelangkaan - Masih melanjutkan postingan sebelumnya tentang macam-macam alat pemuas kebutuhan dan pengertian kebutuhan manusia. Lanjutan dari materi tersebut adalah kelangkaan, nah pada kesempatan pagi hari ini kita punya akan share mengenai pengertian kelangkaan, sebab-sebab kelangkaan, kelangkaan sumber daya ekonomi. Oke, langsung saja berikut ini penjelasan dari kita punya :

1. Pengertian Kelangkaan

Kebutuhann manusia dapat dipenuhi dengan berbagai barang dan jasa. Untuk mengkonsumsi barang dan jasa dibutuhkan kegiata produksi, yaitu kegiatan mengelola sumber daya menjadi barang dan saja. Akan tetapi, sumber daya bersifat terbats dan kebutuhan manusia jumlahnya beragam. Akibatnya, sumber daya tersebut tidak dapat memenuhi keseluruhan kebutuhan. Kondisi inilah yang menyebabkan kelangkaan. Pengertian kelangkaan adalah suatu kondisi ketidakseimbangan antara sumber daya yang bersifat terbatas dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

2. Sebab-sebab kelangkaan

Kelangkaan akan mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya secara rasional dengan mengeluarkan pengorbanan. Kelangkaan disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini :
  • Sebab kelangkaan yang pertama adalah keterbatasan sumber daya, dengan sumber daya yang terbatas dan jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas membuat terjadinya kelangkaan.
  • Perbedaan letak geografis, dengan letak yang tidak terjangkau maka dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya. Atau juga karena jauhnya/sulitnya medan dalam distribusi barang/makanan/dll menyebabkan kebutuhan manusia tidak terpenuhi.
  • Pertambahnya jumlah penduduk, dengan begitu akan membuat jumlah perminataan akan kebutuhan manusia tidak terbatas dan tidak seimbang antara ketersediaan sumber daya.
  • Sebab kelangkaan yang ke-empat adalah keterbatasan kemampuan produksi, ini juga dapat disebabkan oleh terlalu sedikitnya produsen. Misal saja jumlah penghasil/pemroduksi makanan burung (kroto) sangat sedikit, sementara permintaan makanan burung sangat tinggi. Dan produsen tidak mampu memenuhi jumlah permintaan, sehingga akan membuat terjadi kelangkaan sumber daya.
  • Sebab kelangkaan yang kelima adalah bencana alam.
Pengertian Kelangkaan dan Sebab-sebab Kelangkaan
Pengertian Kelangkaan dan Sebab-sebab Kelangkaan

3. Kelangkaan sumber daya ekonomi

Kelangkaan menunjukkan adanya keterbatasan sumber daya sehingga menyebabkan tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan tersedia. Kelangkaan sumber daya ekonomi membawa dampak bagi kehidupan masyarakat dan pemerintah. Kelangkaan sumber daya ekonomi dapat dibagi menjadi tiga yaitu :
a. kelangkaan sumber daya alam
b. kelangkaan sumber daya manusia
c. kelangkaan sumber daya modal

4. Alokasi sumber daya ekonomi

Keterbatasan sumber daya ekonomi mendorong manusia mengalokasikan secara bijak dan rasional. Artinya, pemanfaatannya harus dijadikan pada pemenuhan kebutuhan bukan keinginan untuk memilikinya.
a. sumber daya aam
b. sumber daya modal
c. sumber daya manusia 

Baca : 
Demikian saja artikel yang berjudul tentang pengertian keangkaan dan sebab-sebab kelangkaan, semoga dapat bermanfaat dan terimaksih.

Load disqus comments

0 comments