Pengertian, Fungsi dan Tujuan Distribusi

Yogyakarta, 5 Agustus 2015 | Pengertian, Fungsi dan Tujuan Distribusi - Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas 2 dari 3 macam kegiatan ekonomi, yaitu konsumsi dan produksi. Dan yang belum adalah yang ke 3 yaitu kegiatan ekonomi distribusi. Oke, pada pagi hari ini saya membahas kegiatan ekonomi distribusi, yang pertama yang akan saya bahas adalah pengertiannya, kemudian fungsinya dan terkahir adalah tujuannya. Dan selanjutnya di lain kesempatan akan saya lanjutkan pembahasan distribusi supaya lebih lengkap lagi. Oke, langsung saja berikut ini penjelasannya.

Pengertian Distribusi

Definisi dari distribusi adalah semua kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen. Orang atau badan yang melakukan kegiatan distribusi ini disebut dengan distributor.

Fungsi Distribusi

Distribusi adalah salah satu kegiatan ekonomi, yang meliputi semua kegiatan mulai dari pembelian, pengepakan, panyimpanan, pengiriman, penetapan ukuran sampai pada kegiatan memberikan informasi dan promosi kepada konsumen. Mengingat cakupan kegiatannya yang luas, fungsi ditribusi dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

  1. Fungsi pertukaran : Fungsi pertukaran menunjuk pada pemilihan barang yang akan dibeli agar penjualan dapat dilakukan dengan harga, pelayanan, kualitas barang yang diinginkan oleh konsumen. 
  2. Fungsi penyediaan fisik : Fungsi penyediaan fisik menunjuk pada pemindahan barang secara fisik, yaitu meliputi : pengumpulan, penyimpanan, pemilihan, dan pengangkutan barang.
  3. Fungsi penunjang : Fungsi penunjang membantu dan melengkapi fungsi pertukaran dan fungsi penyediaan fisik agar terlaksana dengan baik. Kegiatan penunjang tersebut meliputi pelayanan purna jual, promosi dan informasi.
Pengertian, Fungsi dan Tujuan Distribusi
Pengertian, Fungsi dan Tujuan Distribusi

Tujuan Distribusi

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari distribusi selanjutnya adalah tujuan distribusi. Dan berikut ini beberap tujuan dari kegiatan distribusi :
  1. Mempercepat hasil produksi sampai ke konsumen
  2. Meningkatan kegunaan barang dan jasa
  3. Tercapainya penyebaran hasil produksi secara merata
  4. Menjaga kelangsungan atau kotinuitas proses produksi
  5. Meningkatkan jumlah (kontinuitas) dan mutu (kualitas) hasil produksi
Sistem Distribusi
Sistem distribusi merupakan cara untuk menyalurkan barang ke konsumen, yaitu langsung maupun tidak langsung. Dan berikut ini merupakan penjelasan kedua macam sistem distribusi.
  1. Distribusi langsung : Produsen menjual secara langsung tanpa melalui perantara. Contoh, petani menjual sayuran hasil panennya kepada pembeli.
  2. Distribusi tidak langsung : Produsen akan menggunakan jasa perantara dalam menjual hasil produksinya.
Setelah membaca artikel tentang pengertian distribusi, fungsi dan tujuan distribusi diatas, kira-kira sudah paham belum. Bila belum paham baca berkali-kali sampai paham. Oke, sampai disini saja artikel ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Load disqus comments

0 comments