Pengertian dan Contoh Perilaku Gadab (Marah)

Pengertian dan Contoh Perilaku Gadab (Marah) - Setelah kemarin saya share mengenai pengertian dan contoh perilaku ananiah (egois). Nah, perilaku tercela yang kedua adalah gadab. Gadab ini dalam bahasa Indonesia disebut dengan marah. Dan berikut ini adalah pengertian gadab, contoh gadab, bahaya dan cara menghindari perilaku gadab (marah).

Pengertian gadab (marah)

Marah atau gadab merupakan suatu luapan emosi karena disebabkan oleh tidak senangnya terhadap sesuatu, atau bisa juga diartikan dengan perasaan tidak senang/tidak rela atas perbuatan orang lain terhadap kita, sehingga ada perasaan untuk membalasnya. 

Perilaku gadab/marah ini akan mendorong mansusia bertingkah laku buruk dan jahat. Seorang pemarah termasuk orang yang iamannya tidak kuat atau lemah, hal ini dikarenakan mereka memiliki pandangan picik, berniat untuk balas dendam dan tidak dapat mengendekalikan hawa nafsunya dapat juga dikatakan bahwa orang yang marah adalah orang yang bersifat tidak sabar.

Sebaliknya, jika seseorang berpandangan luas dan dapat mengendalikan hawa nafsunya, maka ia akan bersikap arif atau bijaksana dalam menyelesaikan setiap masalah. Orang yang memiliki sifat pemarah ini disebut dengan gadab.

Orang mukmin yang baik selalu bersedia memaafkan kesalahan saudaranya, karena ia hanya mengharapkan ridha dari Allah swt. Allah swt berfirman dalam Q.S. Ali Imran ayat 134 yang artinya :

.... dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan...

Nabi Muhammad saw juga melarang kita untuk marah, seperti dalam hadits berikut ini :
Dari Abu Hurairoh rodhiyallahu ‘anhu, Sesungguhnya ada seorang laki-laki yang mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam (kemudian) mengatakan, “Wahai Nabi berikanlah aku wasiat/nasihat”. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam mengatakan, “Janganlah engkau marah”. Kemudian orang tadi berkata lagi, “Wahai Nabi berikanlah aku wasiat/nasihat”. Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam pun mengatakan, “Janganlah engkau marah

Contoh perilaku gadab (marah)

  1. Mudah terpancing emosi
  2. Sering melakukan tindakan-tindakan kasar, dan tak terkendali
  3. Mudah tersinggung
  4. Tidak menyelesaikan masalah dengan jalan yang baik (musyawarah, arif dan bijaksana) 
  5. Sering mengucapkan dengan kata-kata kasar/kotor
Pengertian dan Contoh Perilaku Gadab (Marah)
Pengertian dan Contoh Perilaku Gadab (Marah)

Bahayanya perilaku gadab (marah)

  1. Tidak disukai oleh Allah swt dan orang lain
  2. Tidak baik untuk kesehatan atau mendatangkan penyakit seperti hipertensi (darah tinggi)
  3. Melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya, dan tak terkendali seperti merusak, membunuh, menyakiti dan lain sebagainya.
Baca juga : Wajah orang marah lucu

Cara menghindari perilaku gadab (marah)

  1. Sering-sering membaca istigfar, dan berzikir kepada Allah swt
  2. Meninggalkan suatu hal yang dapat memancing marah
  3. Berpuasa juga salah satu cara untuk menhindari perilaku marah
  4. Menyadari bahwa permasalahan tidak akan selesai dengan marah, bahkan akan tambah rumit
  5. Menyadari bahwa marah tidak disukai oleh Allah swt dan orang lain
  6. Berusaha untuk bersikap lemah lembut, sabar, dan mudah memaafkan orang lain. 
Baca juga materi perilaku tercela  :

Load disqus comments

0 comments