Pengertian dan Ciri-ciri Sikap Raja - Perilaku Terpuji

Pengertian, Contoh dan Ciri-ciri Raja' - Setelah membahas mengenai pengertian taubat dan cara bertaubat, kita punya akan membahas perilaku terpuji selanjutnya yaitu sikap raja'. Apakah yang dimaksud dengan sikap raja'?, pertanyaan itu mungkin sering kita temui pada soal tentang perilaku terpuji Materi PAI Kelas 11 semester 1. Selain pertanyaan itu ada juga pertanyaa yang seperti ini sebutkan contoh dan ciri-ciri perilaku raja'!! Nah, pada kesempatan  ini saya akan sedikit menjawab kedua pertanyaan diatas. Dan berikut ini pembahasannya.

Pengertian atau Definisi Sikap Raja'

Kata Raja' secara bahasa mempunyai arti mengharap. Sedangkan apabila menurut istilah dari Raja' adalah mengharap agar segala kegiatan atau aktifis kehidupan di dunia seperti ibadah (hablumminallah) ataupun kegiatan muamalah (habluminannas) mendapatkan ridho dari Allah swt. Faktor-faktor raja' antara lain :

1. Berpegang teguh kepada tali Agama Allah swt. Dalilnya terletak pada Quran Surat Ali Imran ayat 103 yang artinya :

3:103. Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
2. Mengharap kepada Allah swt agar dalam usaha atau kegiatannya daat berjalan lancar, mendapatkan berkah serta mendapatkan ridha dari Allah swt. Allah swt berfirman dalam Q.S. Al-Kahfi ayat 110 yang artinya :

18:110. Katakanlah: "Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa". Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya".
3. Merasa takut kepada Allah swt, sikap takut ini disebut dengan Khauf.
4. Cinta kepada Allah swt Yang Maha Penyanyang, sikap cinta ini disebut dengan Mahabbah. Dalam Q.S. Ali Imran ayat 31 Allah swt berfirman :
3:31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Pengertian dan Ciri-ciri Sikap Raja - Perilaku Terpuji
Pengertian dan Ciri-ciri Sikap Raja - Perilaku Terpuji

Ciri-ciri Sikap Raja'

Sikap raja' memiliki beberapa ciri, apabila anda sudah memiliki sikap seperti ciri-ciri di bawah ini berarti anda sudah mengamalkan sikap raja' dan berikut ini ciri-cirinya.
  1. Selalu berfikir positif dan dinamis.
  2. Selalu berprasangka baik kepada Allah swt.
  3. Selalu bersikap optimis, yakin bahwa Allah swt akan memberikan jalan keluar masalah yang kita hadapi.
  4. Tidak mudah pantang menyerah dalam berusaha, dan yakin bahwa Allah swt akan membantu dan mempermudah urusan-urusan kita di dunia.
  5. Selalu berdoa dan bertawakal kepada Allah swt.
  6. Menyadari bahwa keberhasilan adalah suatu karunia yang Allah swt berikan.
Baca : 4 Tingkatan orang yang bertaubat menurut Imam Al Ghazali
Load disqus comments

0 comments