Pengertian Upaya Bela Negara dan Pertahanan Negara

Pengertian Upaya Bela Negara dan Pertahanan Negara - Upaya bela negara dapat dilaksanakan oleh warga negara dalam berbagai bidang dan bentuk sesuai dengan kedudukan, tugas maupun tanggung jawab masing-masing. Pembelaan negara sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai ancaman baik yang berupa ancaman fisik maupun non fisik, atau yang berbentuk militer atau non militer. Segala ancaman terhadap negara bisa berasal dari dalam negri atau dari luar negeri.

Pengertian bela negara

Berdasarkan penjelasan pasal 9 ayat (1) UU RI No.3 Tahun 2002 menyebutkan bahwa pengertian dari upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadara, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

Baca lebih lanjut dalam artikel yang berjudul : Pengertian, dasar hukum dan prinsip bela negara

Pengertian Upaya Bela Negara dan Pertahanan Negara
Pengertian Upaya Bela Negara dan Pertahanan Negara

Pengertian pertahanan negara

Sedangkan pengertian dari pertahanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gagasan terhadap keutuhan bangsa dan negara (penjelasan pasal 1 ayat 1 UU RI No. 3 Tahun 2002.

Ada tigak komponen dalam usaha pertahanan negara, yaitu :

  1. Komponen utama adalah TNI yang dipersiapkan untuk melaksanakan tugas-tugas pertahanan
  2. Komponen cadangan adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Komponen cadangan ini meliputi warga negara, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.
  3. Komponen pendukung adalah sumber daya nasional yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.
Load disqus comments

0 comments