Macam-macam dan Ciri-ciri Interaksi Sosial

Pada kesempatan kali ini Kita Punya akan share mengenai Macam-macam dan Ciri-ciri Interaksi Sosial, pada artikel sebelumnya yaitu pengertian interaksi sosial sudah dijelaskan mengenai definisi dan pengertian dari interaksi sosial, jadi untuk saat ini tidak usah saya ulangi lagi mengenai definisi dari interaksi sosial. Oke, berikut ini penjelasannya :

Macam-macam Interaksi Sosial

Menurut Maryati dan Suryawati pada tahun 2003 interaksi sosial dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Interaksi sosial antara idividu-individu
Jenis interasksi sosial yang pertama adalah interaksi sosial antara individu yang satu dengan individu yang lain. Sebagaimana jenis interaksi sosial yang lain, interaksi jenis ini juga bisa bersifat positif tetapi juga bisa bersifat negatif. Interaksi sosial antara individu dengan individu yang bersifat positif apabila keduanya saling menguntungkan, atau dengan kata lain lebih dekat dengan kejasama. Sebaliknya, interaksi sosial antara individu dengan individu yang bersifat negatif apabila antara keduanya menghasilkan suatu konflik/pertentangan atau bisa juga merugikan salah satu pihak ataupun kedua-duanya sama-sama rugi.

2. Interaksi sosial antara Individu dan kelompok
Setelah interaksi sosial antara individu dengan individu, lanjut ke jenis interaksi yang kedua yaitu interaksi sosian antara individu dengan kelompok. Sama halnya dengan jenis yang pertama, jenis yang kedua ini juga bisa bersifat positif dan juga bisa bersifat negatif. Bentuk interaksi sosial individu dan kelompok bermacam-macam tergantung dengan situasi dan kondisi yang ada.

3. Interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok
Lanjut ke macam interaksi sosial yang ketiga yaitu antara kelompok dengan kelompok. Pada interaksi sosial jenis ini terjadi sebagai satu kesatuan bukan kehendak pribadi. Misal saja kerja sama antara dua tim sepak bola untuk berlatih bersama.
Macam-macam dan Ciri-ciri Interaksi Sosial
Macam-macam dan Ciri-ciri Interaksi Sosial

Ciri-ciri Interaksi Sosial

Setelah mengetahui macam-macam dari interaksi sosial, sekarang saatnya kita membahas tentang ciri-ciri interaksi sosial, dan berikut ini ciri-cirinya :
  • Jumlah pelakunya lebih dari satu orang
  • Terjadinya komunikasi di antara pelaku yang saling berintaraksi yaitu melalui kontak sosial
  • Mempunyai maksud dan tujuan yang jelas
  • Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
Materi IPS SMK/SMA Kelas 10/X Tentang Interaksi sosial :
Load disqus comments

1 comments: