Keutamaan dan Keistimewaan Kitab Suci Al Quran

Kita Punya - Keutamaan dan Keistimewaan Kitab Suci Al-Qur'an - Pada kesempatan sebelumnya kita punya sudah membahas tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah swt, setelah itu dilanjutkan dengan artikel yang berjudul Rasul-rasul yang menerima kitab-kitab Allah swt. Setelah paham tentang ke dua hal diatas, maka akan saya lanjutkan dengan keutamaan dan keistimewaan Al-Qur'an apabila dibandingkan dengan kitab-kitab yang lainnya.

Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur'an tidak diturunkan secara sekaligus, tetapi berangsur-angsur dan dalam waktu kurang lebih 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Al-Qur'an terdiri dari 30 Juz, 114 surat, 6666 ayat dan 74.437 kalimat serta 325.345 huruf.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa turunnya Al-Qur'an disebut dengan nuzunul quran. Wahyu yang pertama turun adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5 yang mana ayat-ayat ini diturunkan pada malam tanggal 17 Ramadhan tahun 610 Masehi di Gua Hira ketika nabi Muhammad saw mengasingkan diri (berkhalwat). Pada saat itu juga Rasulullah saw diangkat menjadi Rasulullah atau utusan Allah swt untuk menyampaikan risalahny-Nya kepada seluruh umat manusia. Pada saat itu Nabi kita Muhammad saw berusia sekitar 40 tahun.

Kalau ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw adalah Surat Al-Alaq ayat 1 - 5. Tidak lengkap rasanya kalau belum share mengenai Ayat Al-Qur'an yang terakhir diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw. Ayat yang terakhir turun adalah surat Al-Maidah ayat 3.

Al-Qur'an merupakan kitab suci yang terakhir, dan akan dijaga kemurniannya oleh Allah swt sampai hari kiamat nanti. Seperti firman Allah swt dalam Q.S. Al-Hijr ayat 19 yang artinya :

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an, dan pasti Kami (pula) yang memelihara.
Dari ayat diatas, menjelaskan bahwa Al-Qur'an akan dijaga oleh Allah swt Tuhan Yang Maha Kuasa yang pastinya Al-Qur'an akan terjaga dengan sangat baik dan tidak mungkin ada orang yang bisa menambah atau mengurangi ataupun juga mengganti Al-Qur'an. Maka dari ini kitab ini sering ditambahi dengan kata "suci" yang artinya tidak ternodai, masih asli, tidak tersentuh dan lain sebagainya. Dalam Q.S. Al-Isra' ayat 88 Allah swt berfirman yang artinya :

Katakanlah : 'Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa (dengan) Al-Qur'an ini, mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya, sekalipun mereka saling membantu satu sama lain.
Al-Quran sendiri memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat banyak apabila dibandingkan dengan kitab-kitab yang turun sebelumnya.
Keutamaan dan Keistimewaan Kitab Suci Al-Quran
Keutamaan dan Keistimewaan Kitab Suci Al-Quran

Dan berikut ini keutamaan dan keistimewaan Kitab Suci Al-Qur'an

  1. Al Quran mempunyai isi kandungan yang terlengkap dan sempurna, dan berlaku sampai hari kiamat nanti dan untuk seluruh umat manusia. 
  2. Kemurnian dan keasilan kitab suci Al-Quran sudah dijamin oleh Allah swt dalam firmannya Q.S. Al-Hijr ayat 19 (sudah dijelaskan diatas).
  3. Al-Quran tidak akan pernah bisa dimasuki oleh ide-ide manusia yang ingin menyimpangkannya, karana Al-Qur'an akan selalu dijaga oleh Allah swt.
  4. Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan baru hasil riset ilmu pengetahuan modern yang membenarkan pernyataan-pernyataan dalam Al-Qur'an seperti penciptaan manusia dan alam semesta.
  5. Al QURAN mengandung ilmu pengetahuan yang sangat tinggi, terlengkap dan luas sehingga setiap muslim yang dengan sungguh-sungguh mempelajari dan mengamalkan isinya akan diangkat derajatnya oleh Allah swt.
  6. Al-Quran mengandung semua hukum yang sesuai dengan perkembangan zamaa dan berlaku sepanjang zaman.
  7. Al-Quran banyak yang bisa menghafalnya, berbeda dengan kitab yang lainnya yang sulit untuk dihafalkan.
Load disqus comments

0 comments