Isi Kandungan dan Implementasi Dalam Kehidupan Q.S. Al-Baqarah Ayat 148

Isi Kandungan dan Implementasi Dalam Kehidupan Q.S. Al-Baqarah Ayat 148 - Pada kesempatan pagi hari ini Kita Punya akan share tentang materi Pendidikan Agama Islam SMK Kelas 11 semester 1 BAB 1 yaitu Ayat AL-Quran tentang berlomba-lomba dalam kebaikan, yaitu Q.S. AL-Baqarah ayat 148. Dan berikut ini penjelasan dari kita punya, tetapi sebelumnya kita baca dulu terjemahannya. Dalam ayat ini Allah swt berfirman yang artinya :
2:148. Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Isi kandungan Q.S. Al-Baqarah Ayat 148 tentang berlomba-lomba dalam kebaikan

Dalam ayat ini Allah swt berfirman bahwa setiap umat yang ada di muka bumi ini memiliki kiblat masing-masing. Kita sebagai umat Islam kiblatnya adalah menghadap ke Ka'bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Sedangkan bagi umat Bani Israil dan Nasrani menghadap ke Baitul Maqdis. Setelah itu Allah swt menyuruh kita semua untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, maksud berlomba-lomba disini adalah mengerjakan ibadah (kebaikan) sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya disertai dengan keiklasan dan secara istiqomah.  Jadi isi kandungan dari Q.S. Al-Baqarah ayat 148 ini adalah :
  • Setiap umat pasti mempunyai/memiliki kiblat yang berbeda-beda, kiblat umat Islam adalah Ka'bah dimana kiblat ini merupakan lambang untuk persatuan umat.
  • Agama atau umat yang ada di dunia ini bermacam-macam, tetapi semua agama tersebut pasti memiliki ajaran yang mengajak ke arah yang kebenaran dan juga kebaikan.
  • Sebagai umat Islam kita harus memiliki sikap yang rajin, bersunguh-sungguh, giat, beramal dan berlomba-lomba dalam mengerjakan suatu kebaikan atau amal shalih, karena kebaikan ini adalah bekal kita untuk di akhirat nanti.
  • Allah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa yang akan mengumpulkan kita semua di Yaumul Akhir nanti untuk mendapatkan balasan atas apa yang telah kita kerjakan selama hidup di dunia ini.
Isi Kandungan dan Implementasi  Q.S. Al-Baqarah Ayat 148
Isi Kandungan dan Implementasi Dalam Kehidupan Q.S. Al-Baqarah Ayat 148

Implementasi dalam kehidupan sehari-hari, atau perilaku yang tercermin dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 148

  • Kita harus berusaha untuk menjadi pribadi yang selalu berusaha untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, dan juga meyakini bahwa nantinya akan ada hari kiamat/hari pembalasan.
  • Meyakini bahwa setelah hidup di dunia masih ada kehidupan yang selanjutnya yaitu di alam kubur dan alam akhirat, sehingga di dunia ini kita harus berbuat kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat nanti.
  • Sebagai seorang muslim kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, contohnya, adalah menggunakan waktu luang untuk memperbanyak ibadah kepada Allah swt.
  • Memperbanyak berbuat kebaikan karena nantinya akan mendapatkan pembalasan di hari pembalasan nanti. Ingat, bahwa kebaikan sekecil apapun yang kita kerjakan selama di dunia ini pasti akan mendapatkan balasan, sebaliknya kejahatan sekecil apapun juga akan mendapatkan balasan.
  • Senang berbuat baik terhadap diri sendiri dan orang lain serta alam sekitarnya sebagai bukti dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt. 
  • Di sekolah kita harus berlomba-lomba dalam kebaikan, misalnya dalam belajar, dalam mengerjakan ulangan secara jujur, sehingga kita bisa mendapatkan nilai yang terbaik dan memuaskan.

Load disqus comments

1 comments: