Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal

ki-tapunya.blogspot.com - Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal - Sebelumnya kami sudah membahas tentang pengertian tawakal, maka dari itu yang belum adalah contoh dan hikmah berperilaku tawakal. Sebelumnya artikel ini diterbitkan juga sudah kami tulis tentang pengertian, contoh dan hikmah perilaku zuhud. Oke, langsung saja berikut ini kami jelaskan tentang tawakal.

Pengertian tawakal

Definisi dari tawakal adalah sikap berserah diri kepada Allah swt setelah melakukan usaha dan ikhtiar secara maksimal, kemudian dapat menerima dengan ikhlas segala ketentuan Allah swt terhadapnya.

Seseorang yang memiliki sikap tawakal akan senantiasa bersyukur kepada Allah swt apabila mendapatkan kesuksesan atau keberhasilan dari hasil ikhtiar atau usahanya. Ini disebabkan karena dirinya menyadari bahwa kesuksesan itu adalah kehendak dan izin Allah swt. 

Sebaliknya apabila ia mengalami kegagalan, orang yang memiliki sikap tawakal akan merasa ikhlas dan ridha serta menerima keadaan tersebut tanpa merasa putus asa dan larut dalam kesedihan karena ia menyadari bahwa segala keputusan Allah swt pastilah yang terbaik.

Orang yang bertawakal kepada Allah swt tidak berarti harus meninggalkan usaha dan ikhtiarnya. Usaha dan ikhtiar harus tetap dilakukan, sedangkan keputusan terakhir diserahkan kepada Allah swt. Allah swt berfirman dalam Quran surat At Talaq ayat 3 yang artinya :

Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Berdasarkan tingkatannya, tawakal dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, di antaranya adalah sebagai berikut :
Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal
Contoh Perilaku Tawakal dan Hikmah Tawakal
  1. Tawakkalul wakil, artinya tawakalnya seseorang yang hatinya merasa tenteram terhadap pemberian Allah swt. Tawakal seperti itu adalah tawakalnya orang mukmin biasa di mana seseorang akan mempercayakannya kepada Allah swt, karena ia telah yakin bahwa Allah swt merasa belas kasihan kepadanya.
  2. Tawakkalut taslim, artinya tawakalnya seseorang yang telah merasa cukup menyerahkan urusannya hanya kepada Allah swt, karena ia yakin bahwa Allah swt telah mengetahui keadaan dirinya. Artinya, seseorang sudah tidak lagi membutuhkan sesuatu selain hanya kepada Allah swt. Tingkatan tawakal seperti ini adalah tawakalnya pada nabi dan wali.
 

Contoh perilaku tawakal

Berikut ini beberapa contoh perilaku tawakal
  1. Selalu bersyukur apabila mendapatkan nikmat (keberhasilan/kesuksesan dll) dari Allah swt, dan bersabar apabila mendapatkan musibah.
  2. Tidak berkeluh kesah dan gelisah ketika berusaha dan beriktiar
  3. Selalu berusaha dan berikhtiar dengan maksimal, selanjutnya bertawakal kepada Allah swt
  4. Tidak mudah berputus asa dalam berusaha
  5. Menerima segala ketentuan Allah swt dengan rasa ikhlas dan ridha.
  6. Berusaha memperoleh sesuatu yang dapat memberikan manfaat kepada orang lain

Hikmah tawakal

Berikut ini beberapa contoh hikmah berperilaku tawakal
  1. Membuat seseorang percaya diri
  2. Menumbuhkan rasa keberanian dalam menghadapi setiap persoalan
  3. Memiliki ketenangan dan ketentraman jiwa
  4. Mendekatkan diri kepada Allah dengan senantiasa taat dan berbakti kepada Allah swt 
Load disqus comments

0 comments