Berbagai Macam Media Sosialisasi

Berbagai Macam Media Sosialisasi - Sebelumnya sudah kita bahas bersama tentang pengertian, tujuan dan macam-macam sosialisasi, dan sub bab berikutnya pada materi ips sosiologi tentang sosialisasi dan pembentukan kepribadian adalah macam-macam media sosialisai. Oke langsung saja berikut penjelasan dari kita punya.

Macam-macam media sosialisasi

Media sosialisasi adalah pihak-pihak yang melaksanakan atau melakukan sosialisasi. Dan dibawah ini merupakan jenis jenis media sosialisasi :

1. Keluarga - Media sosialisasi
Bagi keluarga inti (nuclear family) media sosialisasi meliputi ayah, ibu, sauda kandung, saudara angkat yang belum menikah atau memiliki istri dan tinggal bersama dalam satu rumah. Sedangkan pada suatu masyarakat yang menganut sistem kekerabatan diperluas (extended family), media sosialisasinya dari keluarga juga menjadi lebih luas, hal ini dikarenakan dalam satu rumah bisa terdiri dari eberapa keluarga seperti kakek, nenek, paman, dan bibi disamping anggota keluarga inti.

Pada masyarakat di daerah perkotaan yang pada umumnya kepadatan penduduk sangan tinggi, sosialisasi dilakukan oleh orang-orang yang berada di luar anggota kerabat biologis seorang anak, seperti tetangga dll. Selain itu juga kadangkala terdapat media sosialisasi yang merupakan anggota kerabat sosiologisnya, misalnya pembantu, pengasuh (baby siter).

Menurut Getrudengane Jaeger peranan para media sosialisasi didalam sistem keluarga pada tahap awal sangat besar karena anak akan berada dalam lingkungan keluarganya terutama orang tuanya sendiri.

2. Teman pergaulan - media sosialisasi
Teman pergaulan sering dapat disebut dengan teman bermain, teman ini didapat setelah seseorang mampu untuk berpergian ke luar dari rumah. Pada mulanya, teman bermain ini dimaksudkan sebagai kelompok yang bersifat rekreatif atau menghibur, namun ternyata teman pergaulan ini juga dapat memberikan pengaruh dalam proses sosialisasi setelah keluarga. Puncak pengaruh teman bermain adalah pada masa remaja, karena pada masa remaja ini adalah masa untuk mencari jati diri sebelum ia bernjak ke masa dewasa. Kelompok pergaulan ini lebih banyak berperan dalam membentuk kepribadian seorang individu.

Berbeda dengan proses sosialisasi yang berlangsung di lingkungan keluarga yang melibatkan hubungan tidak sederajat (berbeda usia, pengalaman dan peranan), sedangkan sosialisasi dengan teman pergaulan dilakukan dengan cara mempelajari pola interaksi dengan orang-orang yang sederajat dengan dirinya.

Oleh sebab itu, di dalam kelompok bermain dengan teman pergulan, anak dapat mempelajari peraturan yang mengatur peranan orang-orang yang kedudukannya sederajat dan juga mempelajari nilai-nilai keadilan.

3. Lembaga pendidikan formal (sekolah) - media sosialisasi
Menurut Dreeben, dalam lembaga pendidikan formal seperti sekolah seseorang akan belajar membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu juga disekolah mereka juga diajari tentang kemandirian (independence), prestasi (achievement) universalisme dan kekhasan (specicity). Biasanya di lingkungan keluarga seorang anak akan meminta bantuan dari orang tuanya atau kakaknya dalam melakukan suatu aktivitas atau kegiatan, akan tetapi ketika sudah berada di sekolah anak dituntut untuk melakukan semuanya sendiri degan penuh rasa tanggung jawab dari mulai buang air kecil, mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Berbagai Macam Media Sosialisasi
Berbagai Macam Media Sosialisasi

4. Media massa - media sosialisasi
Media massa di sini adalah media cetak (contoh media cetak antara lain seperti koran, surat kabar, majalah, tabloid), media elektronik (contoh media elektronik seperti radio, televisi, film, hp, telephone, internet), dll. Besarnya pengaruh media sangat tergantung dari beberapa sering seseorang menggunakan media tersebut, juga dilihat dari segi kulitas dan kuantitas pesan yang disampaikan oleh media massa.

5. Media sosialisasi yang lainnya
Selain keluarga, sekolah, kelompok bermain dan media massa, sosialisasi juga dapat dilakukan oleh instituti agama, tetangga, organisasi, masyarakat dan lingkungan pekerjaan. Semuanya akan membantu seseorang membentuk pandangan sendiri tentang dunianya dan membuat presepsi mengenai tindakan-tindakan yang pantas dan tidak pantas untuk dilakukan.

Materi IPS SMA/SMK Kelas 10 Semester 1 tentang Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
Load disqus comments

0 comments