Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli - Tuhan Yang Maha Kuasa telah menciptakan manusia sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, manusia dikaruniai berbagai potensi dasar seperti akal, rasa, karsa (kemauan/nafsu) serta bermacam-macam hak asasi dan lain sebagainya. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia harus hidup dengan saling membantu dan tolong menolong. Manusia yang saling bekerja sama akan menciptakan sesuatu yang lebih besar dan berguna bagi pribadi masing-masing. Maka dari itulah seorang manusia selain sebagai makhluk individu juga harus menjalankan perannya sebagai makluk sosial yaitu dengan cara bersilaturahmi dan hidup bekerja sama di dalam masyarakat.

Kodrat sebagai makhluk sosial oleh Aristoteles disebut dengan "zoon politicon" yang mempunyai pengertian makhluk yang dalam dirinya selalu muncul dorongan yang begitu kuat berupa keinginan untuk saling bertemu, bergaul dan hidup secara berkelompok dengan orang lain di dalam suatu masyarakat.

Dimulai dengan menciptakan suatu keluarga yang merupakan kelompok masyarakat terkecil, hingga kelompok masyarakat terbesar yang kita sebut dengan "bangsa". Masyarakat di dalam suatu bangs inilah yang membentuk suatu kesepakatan untuk membuat sebuah rumah yang bernama "negara".

Pengertian Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Dari bahasa sansekerta istilah negara berasal dari kata "nagari" atau "nagara" yang mempunyai arti "kota". Kemudian secara etimologis, terjemahan dari istilah "negara" bisa berasal dari berbagai macam bahasa. Kita mulai dari bahasa Jerman "staat", kemudian Inggris "state", Perancis "etat", Latin "status/statum" dan Italia "Lo stato", yang mempunyai arti suatu kondisi yang memiliki sifat tegak dan juga tetap.

Berikut ini merupakan pendapat beberapa ahli tentang pengertian negara :
1. Kranenburg
Menurut Kranenburg pengertian dari negara yaitu suatu bentuk organisasi yang ada karena keinginan dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

2. J.H.A. Logemann
Menurut Ia negara adalah sebuah oraganisasi kewibawaan

3. Thomas Hobbes, John Locke, dan Rousseau
Menurut ke-tiga ahli ini negara yaitu suatu organisasi yang merupakan hasil dari suatu perjanjian di masyarakat.

4. Max Weber
Menurut Max Weber pengertian negara adalah suatu masyarakat di dalam suatu wilayah yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik yang sah.

5. Karl Marx
Menurut ahli Karl Marx pengertian dari negara yaitu suatu bentuk kekuasaan bagi manusia (penguasa) yang digunakan untuk menindas orang lain.

6. Robert M.Mac Iver
Pengertian negara menurut Rober adalah suatu asosiasi yang mengadakan penertiban di dalam masyarakan di wilayahnya dengan berdasar kepada sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang diberikan kekuasaan yang bersifat memaksa.

7.  Prof. R. Djokosoetono
Pengertian negara menurut Prof. R. Djokoseotono negara adalah suatu organisasi yang dibentuk oleh manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

8. Harold J. Laski
Menurut Harold definisi dari negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang sifatnya memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompo yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

9. A.G. Pinggodigdo
Pengertian negara menurut A.G. Pringgodigdo adalah suatu organisasi kemanusiaan yang mana haru memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu yaitu pemerintah yang berdaulat, wilayah tertentu sehingga bisa disebut dengan suatu nation (bangsa).

10. Prof. Mr. Soenarto
Menurut Prof Mr. Soenarto pengertian dari negara yaitu organisasi masyarakat yang memiliki suatu daerah dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai suatu kedaulatan.

11. Prof. Mirriam Budiarjo
Pengertian negara menurut Prof. Mirriam Budiarjo adalah suatu daerah territorial yang mana rakyar di daerah tersebut diperintah oleh beberapa pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangan  malalui pengawasan monopolistis dan kekuasaan yang sah.

Dari 11 ahli yang mengemukakan pengertian dari negara, kita dapat menimpulkan bahwa pengertian negara secara umum adalah suatu kelompok masyarakat yang berada (menempati) suatu wilayah, dan diorganisasi oelh pemerintah negara yang sah yang umumnya mempunyai suatu kedaulatan baik ke dalam maupun ke luar. Baca : Bentuk-bentuk negara
Load disqus comments

0 comments