Pengertian dan Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia - Setelah pada kesempatan yang lalu share mengenai pengertian kebutuhan manusia, dan macam-macam kebutuhan manusia. Dan berikut ini merupakan pengertian dan macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia.

Alat pemuas atau benda pemuas kebutuhan manusia dapat berupa barang atau jasa. Pengeertian atau definisi dari alat pemuas kebutuhan yang berupa barang adalah jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat oleh mata, diraba, dan ditimbang misalnya, motor, meja, kursi, televisi, kulkas. Sedangkan pengertian dari alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak bisa diraba, tidak bisa dilihat oleh mata, namun dapat dirasakaan. Misalnya jasa pijat, jasa tukang rambut dan lain sebagainya.

Macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia

Jenis dari alat pemuas kebutuhan manusia bermacam-macam, dan itu dibagi menjadi beberapa macam yang berdasaran pada wujudnya, cara memperolehnya, tujuan penggunannya, hubungannya dengan barang lain, dan juga proses pembuatan, berdasarkan sifat atau segi jaminannya dan juga berdasarkan kualitasnya. Oke langsung saja kita mulai, membahas tentang macam-macam alat pemuas kebutuhan manusia.

A. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan wujudnya

1. Barang konkret
Barang konkret adalah alat pemuas kebutuhan yang dapat diraba, dilihat dan dirasakan. Contoh, minuman, makanan, tas, lemari, komputer, buku, pakaian dan lain-lain.

2. Barang abstrak
Barang abstrak adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat diraba, dilihat, namun dapat dirasakan. Contoh : jasa guru, jasa dokter, jasa sopir dan lain-lain.

B. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara memperolehnya (kelangkaan)

1. Benda ekonomi
Barang atau benda ekonomi adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas, sehingga cara memperolehnya diperlukan pengorbanan. Sebagian besar barang yang kita butuhkan dan kita gunakan adalah merupakan barang ekonomi, misalnya saja : makanan, komputer, sepatu, pakaian, perumahan, dan lain sebagainya.

2. Barang bebas
Barang bebas adalah alat pemuas kebutuhan yang telah disediakan oleh alam dan jumlahnya banyak sekali. Karena jumlahnya yang banyak sekali maka untuk memperolehnya tidak diperlukan usaha yang keras atau pengorbanan. Contoh barang bebas adalah, udara, angin, dan sinar matahari, dll.

3. Barang ilith
Pengertian dari barang ilith adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya sangat melimpah (berlebihan) dan juga dapat menyebabkan suatu musibah atau bencana alam. Misalnya, air ketika terjadi banjir, api pada saat terjadi kebakaran kebakaran dan lain sebagainya.

C. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan tujuan penggunaanya

1. Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah alat yang secara langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, sehingga dapat dinikmati dan dirasakan manfaatnya tanpa harus melalui proses pengolahan. Contoh, buah-buahan, pakaian, meja kursi, motor dan mobil.

2, Barang produksi
Barang produksi adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak secara langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Barang produksi dapat digunakan setelah melalui proses pengolahan lebih lanjut atau setelah menghasilkan benda lain. Contoh barang produksi seperti gandum yang akan dibuat menjadi roti, kain yang akan dibuat menjadi pakaian dan lain sebagainya.

D. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan hubungannya dengan barang lain (Fungsinya)

1. Barang pelengkap (komplementer)
Barang pelengkap adalah alat pemuas kebutuhan yang akan lebih bermanfaat dan lebih dapat dirasakan manfaatnya apabila digunakan secara bersama-sama dengan barang yang lain. Dengan kata lain, barang pelengkap atau komplementer ini berfungsi untuk melengkapi barang lain dalam penggunaan. Contoh, minyak tanah akan lebih bermanfaat bila kita gunakan bersama dengan kompor dan kopi akan lebih bermanfaat apabila dicampur dengan gula.

2. Barang pengganti (subtitusi)
Barang pengganti adalah alat pemuas kebutuhan yang fungsinya dapat saling menggantikan. Contoh, jika tidak ada angkot maka kita bisa naik taksi, jika tidak ada nasi maka kita bisa memakan sagu atau jagung dan jika tidak ada susu maka kita bisa minum teh. Hal ini berarti fungsi taksi dapat menggantikan angkot, sagu/jagung dapat menggantikan nasi dan teh dapat menggantikan susu.

E. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan proses pembuatan

1. Barang mentah
Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi, sehingga barang ini belum siap untuk digunakan. Barang mentah merupakan bahan dasar untuk membuat suatu barang. Contoh, hasil hutan (damar, rotan, dan kayu), hasil pertanian (padi, jagung dan kedelai), hasil perkebunan, hasil pertambangan (batu bara, dan timah).


2. Barang setengah jadi
Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah mengalami proses produksi lebih lanjut, namun belum dapat digunakan karena prosesnya belum selesai. Contoh : tekstil pada industri konveksi, kulit pada industri sepatu dan tas, tempakau pada industri rokok dan lain sebagainya.

3. Barang jadi
Barang jadi adalah barang yang sudah melalui proses pengolahan sehingga siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh, pakaian, sepatu, tas, sepeda motor, komputer, televisi dan lain-lain.

F. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan sifat atau segi jaminannya

1. Barang bergerak
Barang bergerak adalah barang yang biasanya dapat digunakan sebagai jamianan untuk mendapatkan kredit jangka pendek. Contoh : televisi, sepeda motor, mobil dan lain-lain.

2. Barang tak bergerak
Barang tak bergerak adalah barang yang biasanya dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit jangka panjang. Contoh, rumah, tanah, dan lain-lain.

G. Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan kualitasnya

1. Barang superior
Barang superior adalah alat pemuas kebutuhan yang memiliki kualitas sangat tinggi. Kualitas tersebut ditunjukan oleh harganya yang mahal sehingga biasanya dikonsumsi oleh golongan orang-orang yang berpendapatan menengah ke atas. Contoh, beras raja lele dan cianjur, pakaian-pakaian mahal, dan lukisan-lukisan mewah.

Pengertian dan Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia
Pengertian dan Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia


2. Barang Inferior
Barang infreior adalah alat pemuas kebutuhan yang berkualitas rendah. Biasanya barang inferior dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Seperti barang-barang loakan yang dijual diemper-emper toko atau pakaian bekas dan impor. 
Load disqus comments

0 comments