Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia - Setelah pada kesempatan yang lalu membahas tentang pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi. Yang selanjutnya akan saya share mengenai kebutuhan manusia. Dan berikut ini sedikit penjelasan tentang kebutuhan manusia.

Pengertian kebutuhan manusia

Kebutuhan manusia adalah keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi. Apabila tidak dapat dipenuhi maka akan menganggu kelangsungan hidupnya. Kebutuhan manusia akan barang dan jasa sangat beragam dan jumlahnya tak terbatas.

Kebutuhan yang satu dapat terpenuhi selanjutnya akan muncul kebutuhan yang lainnya. Mengapa kebutuhan manusia tidak terbatas? Kebutuhan manusia yang tak terbatas karena hal-hal sebagai berikut :

  1. Sifat manusia yang tidak pernah merasa puas
  2. Jumlah penduduk yang semakain bertambah
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Terbatasnya persediaan sumber daya alam
  5. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam
  6. Tutuntan taraf hidup yang lebih baik

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

a. Keadaan alam
Orang yang tinggal di daerah pengunungan yang pada umumnya di daerah ini suhunya lebih dingin, tentu akan orang-orang tersebut membutuhkan pakaian yang lebih tebal untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin. Sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai akan menggunakan pakaian yang tipis karena suhu udaranya yang lebih panas.

b. Peradaban dan kebudayaan
Pada masa lalu kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan cara barter (pertukaran barang dengan barang) sehingga tidak diperlukan alat komunikasi karena dapat dilakukan dengan tatap muka. Namun bagaimana yang terjadi sekarang, semua kebutuhan tidak dapat dipenuhi dengan cara barter sehingga diperlukan alat komunikasi untuk membantu mempermudah pertukaran. Alat komunikasi tersebut dapat melalui media cetak maupun elektronik seperti koran, majalah, radio, televisi, dan telepon. Semakin tinggi tingkat peradaban dan kebudayaan masyarakat maka semakin tinggi pula tuntutan akan kualitas pemenuhan kebutuhan.

c. Agama
Orang yang beragama Islam membutuhkan perlengkapan shalat yang berbeda dengan perlengkapan ibadah agama lainnya. Orang yang menganut agama Islam dilarang makan daging babi, sedangkan orang yang beragama Hindu dilarang makan daging sapi.

d. Adat istiadat
Adat istiadat akan membiasakan orang bertingkah laku sesuai dengan situasi dan kondisi yang dikehendakinya.
Load disqus comments

0 comments